Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP Austria 2021 Penuh Drama: Binder Juara, Rossi Nyaris Podium, dan Marquez Apes

16 Agustus 2021   04:14 Diperbarui: 16 Agustus 2021   09:28 176 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
MotoGP Austria 2021 Penuh Drama: Binder Juara, Rossi Nyaris Podium, dan Marquez Apes
Brad Binder (tengah) di antara para peraih podium MotoGP Austria 2021:https://twitter.com/MotoGP

Sambutan hangat dan ucapan selamat datang dari beberapa pebalap. Bendera dengan wajah yang khas dan nomor 46 yang ikonik mengangkasa, diterbangkan oleh helikopter. Disambut riuh ribuan penggemar yang kompak mengenakan seragam dengan warna senada.

Grazie Vale. Ya, itu terjadi setelah Valentino Rossi menginjak garis finis di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8/2021) malam WIB.

Apresiasi itu diberikan kepada The Doctor untuk perjuangan kerasnya di seri MotoGP Austria 2021. Kesempatan terakhir baginya melaju di lintasan itu. Sesi yang sarat drama nyaris membawanya ke podium.

Rossi pun finis di posisi delapan. Sebuah pencapaian yang tak buruk bagi seorang pebalap yang harus start dari baris keenam, tepatnya di urutan ke-18. 

Rossi akan pensiun akhir musim ini setelah sekian dekade bertarung dengan kecepatan dan ketatnya persaingan. Tak heran ia mendapat sambutan hangat seusai balapan. Sebuah apresiasi serentak sayonara yang berkesan. Sekali lagi, Grazie Vale.

Rossi yang membawa bendera tim satelit Petronas Yamaha SRT menunjukkan kegigihannya untuk tidak mudah menyerah. Empat lap sebelum berakhir, Rossi merangsek ke posisi 10 besar.

Memang situasi saat itu kurang ideal bagi Rossi untuk mengejar Marc Marquez di urutan terdepan, disusul Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Jorge Martin yang membela Pramac Racing. Selisih waktu cukup signifikan.

Berada di posisi 10 besar saat itu sebenarnya menempatkan Rossi dalam momentum yang bagus. Mengapa? Setelah itu drama demi drama terjadi di sirkuit yang berlokasi di Spielberg, Steiermark itu. Para pebalap di barisan terdepan harus masuk ke pit untuk mengganti motor. Lintasan berubah basah, mau tidak mau kendaraan pun menyesuaikan.

Bendera putih sempat berkibar. Pertanda para pebalap diperkenankan masuk ke pit. Guyuran hujan tak terhindarkan. Lintasan menjadi basah jelas dengan sendirinya.

“White flag” yang berkibar adalah isyarat. Sekaligus kesempatan untuk mengatur siasat. Kesempatan penting yang menuntut kecermatan. Tetapi juga untung-untungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan