Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Pornpawee Chochunwong Mengejar Klimaks di Olimpiade, Tunggal Putri Indonesia?

2 April 2021   21:22 Diperbarui: 3 April 2021   16:51 94 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pornpawee Chochunwong Mengejar Klimaks di Olimpiade, Tunggal Putri Indonesia?
Pornpawee Chochuwong: bwfbadminton.com

Tahun lalu, akhir Februari tepatnya, ia masih di peringkat 20 dunia. Sejak kemenangan atas Carolina Marin di final Spanyol Masters 2020, nam Pornpawee Chochuwong semakin melambung. Perjalanan kariernya pasca turnamen Super 300 itu berpelukan dengan kejutan demi kejutan.

Di awal tahun ini, ia menjadi satu dari segelintir pemain terbaik yang berlaga di BWF World Tour Finals 2020. Itu adalah turnamen elite. Penyelenggaraannya di kandang sendiri. Thailand.

Baru menginjak usia 23 tahun, Pornpawee menjadi satu dari delapan pemain terbaik yang bisa ambil bagian di ajang yang semestinya selalu digelar di penghujung tahun. Delapan pengoleksi poin terbanyak sepanjang satu kalender BWF World Tour bertarung memperebutkan total hadiah 1,5 juta dolar AS atau setara Rp 21 miliar.

Apa yang ia tunjukkan di tanah airnya? Tergabung di grup neraka dengan tiga pemain top, Pornpawee memperlihatkan mental yang kuat. Lebih lagi, pembuktiannya yang gemilang di lapangan pertandingan. Seniornya Ratchanok Intanon ia libas dalam pertarungan rubber game, 15-21, 21-11 dan 21-18.

Berikutnya, giliran Tai Tzu Ying. Intanon pernah berstatus pemain nomor satu dunia yang dalam beberapa bulan terakhir menjadi milik Tai. Sebagai pemain berperingkat teratas tak menjamin kemenangan atas pemain muda seperti Pornpawee. Buktinya, Pornpawee membuat tunggal Taiwan itu benar-benar tak berkutik. Pornpawee menang straight set, 21-17 dan 21-11.

Saat berbagai kejutan itu dibuat, posisi Pornpawee di tabel ranking dunia masih berada di urutan ke-13. Secara peringkat, jam terbang, bahkan kualitas, ia masih disebut sebagai pemain lapis tiga Thailand. Namanya baru disebut setelah Intanon dan Busanan Ongbamrungpham.

Namun apa yang terjadi dengan Pornpawee membuat kita harus meninjau lagi penyematan label di atas. Ia seakan menunjukkan peningkatan performa yang kemudian mewujud dalam statistik perolehan poin. Dari rilis BWF terkini, nama Pornpawee tidak lagi kita temukan di urutan seperti awal tahun lalu, bahkan di permulaan tahun ini. Posisinya sudah merangkak naik.

Kini ia berada di jajaran 10 besar dunia. Hanya berjarak empat tangga di belakang Intanon. Sementara Busanan kini justru bertukar tempat dengannya. Busanan berada di posisi yang ditempati juniornya beberapa bulan lalu.

Daftar peringkat tunggal putri dunia: bwfbadminton.com
Daftar peringkat tunggal putri dunia: bwfbadminton.com

Berlanjut di All England

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN