Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Dari All England Rasa Jepang, 5 Pelajaran demi Prestasi Indonesia di Olimpiade Tokyo

22 Maret 2021   23:38 Diperbarui: 24 Maret 2021   08:49 246 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari All England Rasa Jepang, 5 Pelajaran demi Prestasi Indonesia di Olimpiade Tokyo
Dua warga berjalan di depan logo olimpiade di Tokyo, Jepang.(REUTERS via ABC INDONESIA/KOMPAS.COM)

Perhelatan All England 2021 baru saja usai. Turnamen Super 1000 yang digelar di tengah pandemi dan kemudian meninggalkan luka menganga bagi bulutangkis Indonesia.

Bersusah payah mempersiapkan diri, fisik prima, dan status kesehatan negatif, ternyata tidak cukup untuk tidak dipaksa mundur karena suatu alasan yang hingga hari ini masih menjadi tanda tanya.

Walau tak masuk hitungan poin kualifikasi Olimpiade, prestise All England yang telah dicederai, patut kita garis bawahi. Walau sakit, turnamen tertua di dunia yang membara itu, patut kita jadikan tanur pemurnian setiap rencana masa depan.

Kepulangan tim Indonesia atas cara dan sebab yang mengecewakan harus membuat kepala kita tetap tegak. All England kali ini bukan segalanya. Masih banyak alasan melangkah maju. Ada agenda besar yang menanti. Olimpiade Tokyo. Maka, kita perlu segera "move on". Beralih.

Foto dari AFP
Foto dari AFP

Alarm Jepang

Apa pelajaran yang bisa kita petik? Pertama, Jepang begitu superior di All England 2021. Tanpa Indonesia, China, Korea Selatan, dan sejumlah pemain unggulan dari Taiwan, Hong Kong, Spanyol, dan Thailand, mereka seperti tak mendapat lawan sepadan.

Dari lima partai final, Minggu (21/2/2021), Jepang mendominasi. Tujuh wakil mereka, berbanding tiga slot sisa yang dibagi Denmark, Thailand, dan Malaysia.

Final sesama pasangan Jepang terjadi di sektor ganda putri: https://twitter.com/BadmintonTalk
Final sesama pasangan Jepang terjadi di sektor ganda putri: https://twitter.com/BadmintonTalk

Sebelum partai final digelar, Negeri Matahari Terbit sudah mengklaim tiga gelar. "All Japan" final terjadi di sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. All England sontak berubah jadi All Japan.

Dominasi Jepang di sektor ganda hampir tak terhindarkan setelah negara-negara kuat di sektor itu tak ambil bagian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x