Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Bersiaplah, Perang Bintang Dunia di Superliga Badminton 2017

2 Februari 2017   12:30 Diperbarui: 2 Februari 2017   13:39 657 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersiaplah, Perang Bintang Dunia di Superliga Badminton 2017
Sebagian pemain saat konferensi pers dan drawing Djarum Superliga 2017/@INABadminton

Dalam hitungan hari Kota Surabaya akan kedatangan para pebulutangkis top dunia. DBL Arena akan menjadi saksi pertarungan para pemain bintang dari dalam dan luar negeri di ajang Djarum Superliga 2017. Turnamen beregu yang berlangsung selama sepekan, 19-26 Februari itu akan diikuti oleh masing-masing 10 tim di kategori putra dan putri. Sebanyak lima klub dari Jepang, dan masing-masing satu klub dari Thailand dan Malaysia turut ambil bagian.

“Ada banyak permintaan baik dari sejumlah klub lokal maupun dari Korea dan Taiwan. Namun kami terpaksa batasi,”papar Event Manager Djarum Superliga, Bambang Roedyanto saat konferensi pers dan drawing, Rabu (1/2) kemarin.

Deretan pemain top sudah memastikan keikutsertaan mereka di turnamen berhadiah total 250 ribu dollar AS atau setara Rp 3,3 miliar itu. Juara bertahan tim putra Musica Champions akan diperkuat tunggal putra nomor satu dunia, Lee Chong Wei (Malaysia). Selain Lee, ada pemain tunggal putra Jerman, Marc Zwieber dan Chou Tien Chen dari Taiwan. Para pemain tunggal terbaik dunia ini akan berpadu dengan para pemain muda Indonesia seperti Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Klub yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah ini tidak hanya menghadirkan pemain top di nomor tunggal. Di sektor ganda tim ini diperkuat juara All England 2016 dari Rusia, Vladimir Ivanov. Selain itu si tampan yang baru saja pensiun dari timnas Korea Selatan, Lee Yong Dae dan rekan senegaranya Kim Sa Rang. Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira adalah beberapa pemain lokal di klub yang dimanajeri Effendy Widjaja ini.

Sumber. @INaBadminton
Sumber. @INaBadminton
Dari materi pemain yang ada Musica digadang-gadang sebagai favorit. Hal ini jelas terlihat dari hasil undian kemarin.Proses undian dilakukan dengan memperhatikan rangking dunia para pemain untuk diakumulasikan dalam menentukan daftar unggulan tim. Dua unggulan teratas otomatis berada di grup A dan B. Selain itu diperhatikan asal daerah dan negara setiap klub untuk menghindari kecurangan.

Bermateri para elit, Musica menempati unggulan teratas di kelompok putra. Musica menempati grup A bersama Mutiara Cardinal Cardinal Bandung (Jawa Barat), Tjakrindo Masters Surabaya (Jawa Timur), Hitachi (Jepang) dan USM Blibli.com Semarang (Jawa Tengah).

Selain Musica, Djarum Kudus (Jawa Tengah) juga diisi para pemain top dari Korea Selatan. Pasangan ganda putra juara dunia 2014 Shin Baek Cheol/Ko Sung Hyun serta tunggal putra nomor empat dunia Son Wan Ho. Ketiganya akan bahu membahu dengan Ihsan Maulana Mustofa dan Muhammad Bayu Pangistu di nomor tunggal. Berikut deretan pemain ganda putra dan ganda campuran terbaik Indonesia seperti Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Berry Angriawan, Hendra Apriadi Gunawan, Kenas Adi Haryanto dan Praveen Jordan.

Di bawah kendali Fung Permadi sebagai manajer tim, Djarum Kudus akan bersaing dengan unggulan pertama di grup B, Berkat Abadi Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Sports Affairs (Malaysia), Tricy Panders (Jepang), dan Granular (Thailand).

Dari materi pemain, Djarum akan mendapat perlawanan ketat dari Berkat Abadi. Klub pendatang baru ini diperkuat ganda putra peraih emas Olimpiade 2008, Hendra Setiawan/Markis Kido. Selain itu ada tandem Hendra Setiawan di jalur profesional saat ini, Tan Boon Heong (Malaysia). Mantan penguasa ganda putra dunia yang baru saja bercerai dari Lee Yong Dae, Yoo Yeon Seong juga berada di klub ini. Mereka akan disokong oleh para pemain muda yang tengah bersinar seperti Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama dan Rian Agung Saputro.

Tim yang dimanajeri Vincentius Ely Yanto ini juga patut diperhitungkan di nomor tunggal.  Pemain rangking 12 dunia asal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk dan pemain Jepang yang pernah tersandung masalah indispiliner, Kenichi Tago akan berbagi kesempatan dengan Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro.

Sumber @INABadminton
Sumber @INABadminton
Di sektor putri, yang akan menempati grup C dan D, Berkat Abadi dan Mutiara Cardinal menjadi unggulan teratas. Di grup C, Berkat Abadi akan bersaing dengan Tjakrindo Masters, USM Blibli.com, Gifu Tricky Panders (Jepang) dan Granular (Thailand).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN