Mohon tunggu...
Charis Maulana S. A
Charis Maulana S. A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Seorang pemuda generasi Z dengan semangat yang membara untuk memahami dan menciptakan teknologi di era digital.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Artikel Utama

Bagaimana Sistem Informasi Mampu Meningkatkan Kesetaraan Gender di Lingkungan Kerja?

24 November 2023   12:59 Diperbarui: 25 November 2023   00:16 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pekerja di perusahaan rintisan atau start-up. (DOK. Freepik via kompas.com)

Dalam era di mana teknologi semakin menjadi tulang punggung bisnis dan kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk mengevaluasi bagaimana sistem informasi dapat berperan dalam mempromosikan kesetaraan gender di lingkungan kerja. 

Pada dasarnya, kesetaraan gender bukan hanya sebuah tujuan moral, tetapi juga sebuah kebijakan yang cerdas untuk kemajuan dan keberlanjutan organisasi.

Kesetaraan Gender dan Era Digital

Pertama-tama, kita perlu memahami mengapa kesetaraan gender penting. Kesetaraan gender bukan hanya tentang memberikan hak yang sama kepada semua jenis kelamin.

Tetapi juga tentang mengakui dan memanfaatkan potensi penuh setiap individu, tanpa memandang jenis kelamin. Di era digital ini, sistem informasi menjadi kekuatan besar yang dapat membantu mengubah dinamika ini.

Peningkatan Akses dan Kesempatan

Salah satu cara utama di mana sistem informasi dapat meningkatkan kesetaraan gender adalah dengan memberikan akses yang lebih besar kepada semua karyawan, tanpa memandang jenis kelamin. 

Dengan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua anggota tim, tanpa ada batasan yang tidak perlu. Ini membantu menghilangkan kesenjangan informasi yang mungkin ada di antara berbagai kelompok dalam organisasi.

Sebagai contoh, sistem informasi yang kuat dapat memberikan akses ke data kinerja dan peluang pengembangan karir kepada semua karyawan, sehingga memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. 

Kesetaraan gender bukan hanya menjadi slogan, tetapi menjadi kenyataan yang terwujud dalam setiap aspek kehidupan profesional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun