Mohon tunggu...
Chantika Dwi Noverina
Chantika Dwi Noverina Mohon Tunggu... Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang

Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bentuk Aktivitas yang Dapat Mengurangi Pandemi Covid19

13 Juni 2021   09:12 Diperbarui: 13 Juni 2021   09:17 146 2 0 Mohon Tunggu...

Peningkatan covid19 bukan hanya terjadi di indonesia saja,tapi juga diberbagai belahan dunia. Hingga kini dapat kita ketahui bahwa belum ditemukan vaksin yang benar-benar bisa mengatasi covid19 ini, malahan ketika sudah divaksin masyarakat masih ada yang terkena covid19. Dengan itu untuk mengurangi terdampaknya covid19 saat ini masyarakat diminta untuk membatasi dalam melakukan aktivitas agar terhindar dari serangan covid. Bentuk aktivitas yang dapat mengurangi covid19 yaitu sebagai berikut:

1. Menghindari Kerumunan atau Menjaga Jarak

Salah satu aktivitas yang harus dilakukan dalam mengurangi covid19 yaitu dengan menghindari kerumunan atau orang banyak. Karena kita tidak pernah tau siapa orang diluar sana yang mebawa virus. Aktivitas ini dilakukan diiringi dengan menjaga jarak dengan orang lain hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang lain. Menjaga jarak lebih dari satu meter dengan kata lain tidak berdekatan atau tidak berkumpul karena kita tidak tau dengan siapa saja kita bertemu atau berjumpa ketika kita akan melakukan aktivitas diluar rumah. Upaya ini dapat mengurangi tepaparnya covid 19.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran covid19 ini yaitu dengan meningkatkan imun tubuh dengan hindari stress,makan makanan sehat dan bergizi yang kaya dengan vitamin dan perbanyak meminum air putih serta olahraga teratur. Dengan itu imunitas tubuh akan menjadi baik dan akan memperkecil kemungkinan kita terpapar virus corona.

3. Melakukan Social Distancing

Dalam upaya mengurangi atau menanganiwabah virus corona ini masyarakat dianjurkan untuk menerapakan social distancing atau pembatasan sosial. Hal ini dilakukan untuk membatasi kunjungan ke tempat yang ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Ketika melakukan social distancing ini seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan dan berinteraksi dengan orang lain apa lagi orang yang sedang sakit sangat cepat menularkan virus corona ini.

4. Selalu Mencuci Bahan Makanan

Mencuci bahan makanan yang hendak dimakan atau yang disimpan dalam lemari pendingin sangat dianjurkan karena pada dasarnya akan membantu kontaminasi kuman atau bakteri yang terdapat dalam bahan makanan tersebut. Dan upaya ini dapat mengurangi dalam penyebaran virus corona saat ini.

5. Memakai Masker Ketika Melakukan Kegiatan Diluar Rumah

Dalam mengantisipasi tertularnya covid 19 saat ini pemerintah menganjurkan masyarakat untuk memakai masker ketika berpergian keluar rumah karena dengan memakai masker dapa melindungi kita dari ganasnya covid 19 ini. Dan juga dengan memakai masker juga termasuk aturan yang perlu dilakukan pada saat pandemi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x