Mohon tunggu...
Chandra MP Widnyana
Chandra MP Widnyana Mohon Tunggu... Penulis - @wecara__id @malleumiustitiae

Ingin menjadi seorang novelis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hati-Hati, Kopi Sedang Menginvasi Kehidupan Kita!

28 November 2023   14:30 Diperbarui: 29 November 2023   19:49 827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi biji kopi dan alat penggiling biji kopi. (Dok. Shutterstock/Richard Semik via kompas.com)

Hallo teman-teman, pada tulisan kali ini saya akan mencoba untuk menguak fakta tentang kopi yang merupakan tanaman famili rubiaceae sebenarnya sedang menginvansi kehidupan kita. 

Entah kalian sadar atau tidak tentang hal itu. Tentunya tulisan ini berdasarkan pandangan saya sendiri. Sebelum memulai membedah terkait topik pembahasan ini, saya akan mengajak kalian menuju ke lantai dasar terlebih dahulu. 

Melihat apa itu tanaman kopi, lalu bagaimana ia bisa berkembang menjadi sebuah komoditas yang pada akhirnya sangat dibutuhkan oleh kehidupan manusia.

Apa yang akan terlintas dipikiran kalian, jika kalian mendengar atau melihat kata kopi? Mungkin kalian akan menjawab bahwa kopi merupakan salah satu jenis tanaman. Iya itu benar, kopi merupakan sebuah jenis tanaman yang termasuk dalam famili rubiaceae

Apa itu famili rubiaceae? itu adalah salah satu suku tumbuhan berbunga, suku ini terdiri atas pepohonan, atau herbal yang tumbuh diatas tanah. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan penghasil alkaloid penting seperti kafeina dan kinina. 

Jika kalian ingin mengerti arti kata-kata ilmiah terkait tumbuhan kopi, kalian bisa mencarinya di google dengan keyword klasifikasi dan morfologi tanaman kopi. Jangan lupa di search ya, mumpung masih gratis. Karena saya tidak akan membahas terlalu mendalam terkait dengan nama ilmiah dari kopi ini.

Kembali kepada pertanyaan pertama, apa yang akan terlintas jika kita mendengar atau melihat kata kopi? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab bahwa kopi merupakan sebuah minuman hitam dengan cita rasa pahit. 

Hal tersebut tidaklah salah, karena sebelum minuman kopi berkembang dengan campuran-campuran seperti sekarang, dahulu kopi hanya dihidangkan dengan apa adanya. 

Maksud dari dihidangkan apa adanya adalah ketika biji kopi sudah melewati berbagai macam proses dan sudah layak dikonsumsi, lalu biji kopi yang sudah dihaluskan tersebut dituang kedalam gelas dan dicampur dengan air hangat.

Lantas jadilah hidangan kopi yang apa adanya dengan cita rasa yang pahit. Rasa pahit ini muncul karena kopi memiliki asam yang disebut dengan asam klorogenat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun