Mohon tunggu...
Chando Bona
Chando Bona Mohon Tunggu... Akun mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran

Bandung , Jawa Barat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kehidupan Perpolitikan di Jatinangor

30 Oktober 2019   20:39 Diperbarui: 30 Oktober 2019   20:39 14 0 0 Mohon Tunggu...

" Tahukah kalian , bahwa ada organisasi diluar kampus yang ternyata memiliki dampak yang besar bagi mahasiswa di jaman sekarang ini ? " Ada organisasi di luar kampus yang ada di daerah Jatinangor -- Sumedang yang disebut dengan Organisasi Eksternal. Organisasi yang dapat berpengaruh bagi mahasiswa yang benar-benar menjalankannya.

Organisasi Eksternal yang ada di Jatinangor -- Sumedang ini tidak hanya berasal dari Universitas Padjajaran saja tapi juga dari Universitas lain yang ada di Jatinangor seperti ITB , IPDN dan IKOPIN. Organisasi eksternal ini juga tidak hanya satu tapi setidaknya ada 5 organisasi eksternal besar yang ada di daerah Jatinangor -- Sumedang.

Organisasi-organisasi ini berisi aktivitas dapat menyalurkan peran , bakat dan suara mahasiswa-mahasiswa yang ada di Jatinangor -- Sumedang ini. Kegiatan seperti diskusi umum, forum dan event-event lain yang berhubungan dengan mahasiswa sering diadakan atau membutuhkan organisasi eksternal ini dalam penjalanannya.

Organisasi ini memiliki banyak jenis , ada yang memihak ke KIRI ada juga yang memihak ke KANAN. Bahasa KIRI dan KANAN ini menggambarkan secara garis besar organisasi-organisasi eksternal ini. Ada juga organisasi yang berbabis agama yang hanya dapat diikuti oleh agama tertentu dengan pemikiran dan prospek agama tertentu.

Dilihat dari latar belakang nya organisasi-organisasi eksternal ini tidak dibangun dengan cuma-Cuma tetapi memiliki ideologi masing-masing yang membuat organisasi eksternal itu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. 

Salah satu nya ada organisasi yang mengikuti Ideologi dari Ir. Soekarno yang tidak memihak pada pihak KIRI maupun pihak KANAN tetapi memilih untuk berada di tengah-tengah dari sisi KIRI dan sisi KANAN . 

Organisasi Eksternal ini mencakup orang-orang dari berbagai macam latarbelakang yang memiliki pemikiran yang tidak bersifat memihak hanya pada satu sisi dan mereka juga mementingkan kepentingan rakyat biasa dibalik kepentingan petinggi-petinggi.

Banyak yang dapat mahasiswa rasakan dalam organisasi eksternal ini mulai dari relasi yang banyak yang tidak hanya dengan seangkatan saja tapi juga bisa dengan Angkatan-angkatan atas yang memiliki banyak pengalaman dan yang pasti akan sangat membantu mahasiswa itu sendiri di dalam maupun di luar kampus. 

Dalam organisasi eksternal ini juga tidak hanya menjalin relasi dengan mahasiswa kampus sendiri tapi dapat bergabung dengan kampus-kampus besar lainnya yang ada di daerah Jatinangor -- Sumedang, dan relasi pun akan bertambah dengan orang-orang penting yang berasal dari sesama mahasiswa, selain relasi dengan sesama mahasiswa relasi juga akan bertambah dengan pihak-pihak yang ada diluar sana yang membuthkan pergerakan mahasiswa di dalamnya.

Seperti yang terjadi beberapa bulan lalu salah satu organisasi eksternal yang ada di daerah Jatinangor- Sumedang yang bekerja sama dengan pihak perusahan tentang pendataan di beberapa desa yang ada di daerah Jatinangor -- Sumedang ini dan tidak hanya bekerja dengan percuma tetapi mahasiswa itu sendiri pun akan di gaji layaknya pekerjaan pada umumnya, jadi selain menambah link , menambak wawasan , menambah pengalaman dan mendapat uang pula.

Banyak yang dapat terjadi di dalam organisasi eksternal ini , mulai dari relasi , pengalaman , pengembangan diri dalam berpikir secara kritis , berdiskusi , berpendapat dan tentunya untuk membuktikan peran mahasiswa bagi negara Indonesia yang tercinta ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN