Mohon tunggu...
Celline Emily
Celline Emily Mohon Tunggu... Desainer - Interior Designer

Hai! namaku Celline Emily dari jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tips Memilih Furniture agar Terlihat Trendy Sepanjang Masa

1 Desember 2021   18:52 Diperbarui: 1 Desember 2021   19:08 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tips Memilih Furniture agar Rumahmu Terlihat Trendy Sepanjang Masa!

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan dan aktivitas manusia semakin kompleks sehingga sangat berpengaruh khususnya di interior. Misalnya, banyak produk yang semakin beragam membutuhkan storage yang lebih banyak pula. Selain itu, karena banyaknya populasi manusia yang semakin meningkat membuat lahan untuk tempat tinggal juga semakin menipis. Kedepannya sangat diperlukan rumah yang tidak besar tetapi dapat memfasilitasi seluruh aktivitas dan kebutuhan penggunanya. Maka dari itu penting untuk kita memilih furniture sesuai agar dapat memiliki ruang atau hunian tinggal menjadi lebih nyaman dan bermanfaat untuk jangka panjang meskipun lahan yang tersedia tidak besar. Berikut adalah tips memilih furniture agar rumahmu terlihat selalu trendy:

 

1. Perhatikan ukuran furniture

      Sumber : Pinterest


Sebelum memilih furniture, kita harus terlebih dahulu mengetahui ukuran dan kondisi ruang yang akan di tempati. Pada ruang minimalis, ukuran furniture sangat penting. Kenapa? Karena jika ukuran furniture terlalu besar dapat menyebabkan ruangan akan terasa sempit dan tidak nyaman karena secara visual akan terlihat tidak indah, Hunian minimalis akan lebih cocok diisi dengan berbagai macam furniture yang berukuran kecil hingga sedang karena sesuai dengan kebutuhannya yaitu ruang kecil tetapi dapat memfasilitasi semua kebutuhan.

2. Perhatikan material dan konstruksi furniture

material-61a7654506310e693a1204e2.jpg
material-61a7654506310e693a1204e2.jpg

Sumber : Pinterest


Teknologi yang terus berkembang membuat banyak penemuan material -- material baru khususnya di interior. Yang perlu diperhatikan dalam memilih material adalah material yang tahan terhadap debu dan kotoran, hindari furniture yang memiliki banyak celah untuk debu menempel pada furniture, mudah dalam perawatannya sehingga dapat diperbaiki dengan mudah jika terjadi kerusakan. Memilih bahan yang tahan lama, memilih finishing yang baik dalam furniture, serta Konstruksi yang kuat juga penting untuk diperhatikan. Oh ya, hindari membeli furniture dengan harga murah karena dapat mempengaruhi kualitas furniture yang dapat menambah anggaran kedepannya loh!

     3. Pemilihan warna yang tepat

warna-61a7654e75ead649f273e793.jpg
warna-61a7654e75ead649f273e793.jpg

Sumber: Pinterest


Memilih warna furniture yang sesuai dengan warna dinding ruang sangat penting walaupun mungkin untuk beberapa orang bagian ini terlihat sepeleh. Banyak masyarakat memilih furniture karena hanya sekedar menyukai warna tersebut tanpa memikirkan apakah warna furniture tersebut akan laras dengan ruangan yang akan  ditempati. Pada faktanya warna sangat berperan penting dengan keindahan ruangan. Oleh karena itu, perlu memperhatikan pemilihan warna yang menyatu dengan ruang untuk menghindari adanya ketimpangan dengan elemen lain ya guys!


4. Menentukan desain

minimalis-61a7655675ead649817f6422.jpg
minimalis-61a7655675ead649817f6422.jpg

Sumber : Pinterest


Bentuk dan desain sebuah furniture juga penting untuk diperhatikan saat memilih sebuah furniture. Bentuk dinamis atau statis sebuah furniture tergantung dengan desain ruang. Sebaiknya hindari pemilihan furniture dengan desain yang hanya sedang 'trend'  tetapi pilihlah desain yang 'sepanjang masa' karena selain menghemat budget untuk kedepannya, kita juga tidak perlu repot untuk mengganti furniture sesuai dengan 'trend' yang ada.

5. Memilih sesuai kebutuhan dan fungsi

fungsi-61a7655c75ead64db11ad3b2.jpg
fungsi-61a7655c75ead64db11ad3b2.jpg

Sumber : Pinterest


Memilih furniture sesuai kebutuhan dan fungsi sebuah ruang. Misalnya, pada bagian outdoor, kita membutuhkan furniture dengan material yang anti air dan mudah dibersihkan. Contoh lainnya, pada ruang keluarga kita sofa yang nyaman di tempati dalam jangka waktu lama dan dapat ditempati oleh banyak orang karena merupakan tempat berkumpul. Banyak masyarakat yang membeli furniture hanya karena bagus, menarik dan mengesampingkan fungsi utama dari furniture tersebut. Sehingga hanya menghabiskan anggaran dengan sia-sia. Lebih baik membeli furniture yang multifungsi karena selain menghemat tempat, tetapi juga menghemat pengeluaran, bukan? Hindari membeli furniture karena hanya bagus dan tidak dibutuhkan dalam ruang hanya akan membuat ruangan menjadi sumpek dan tidak enak dipandang.

Nahh.. itu dia beberapa tips untuk memilih furniture minimalis modern untuk rumah tinggal. Mungkin bagi beberapa orang hal dalam memilih furniture hanya sebatas fungsi dan tidak terlalu mementingkan keindahannya secara visual atau pun sebaliknya. Tetapi jika kita dapat memilih furniture yang mencakup keduanya akan sangat baik untuk membuat suasana ruang yang lebih nyaman secara fisik maupun visualnya. Selain itu, hindari membeli furniture hanya karena harga yang murah tanpa memperhatikan material dan konstruksi furniture tersebut karena yang terpenting adalah kualitas yang baik. Terimakasih dan semoga membantu!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan