Mohon tunggu...
Patter
Patter Mohon Tunggu... Hotelier

ūüćéTulislah hal-hal berarti yang takkan pernah kau sesali kemudian

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Inilah Strategi Pemasaran Global Hospitaliti Pasca Pandemi

8 April 2021   17:02 Diperbarui: 8 April 2021   17:20 235 50 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Strategi Pemasaran Global Hospitaliti Pasca Pandemi
Era digital yang merambah dunia (ilustrasi pixabay)

Mengunjungi klien adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi mereka yang bergerak di bidang penjualan di hotel. Bertemu pelanggan dan  mengenalkan produk hotel, membahas, menjelaskan dan menjualnya.

Dua puluh tahun silam, kegiatan marketing dikerjakan  sederhana. Kala itu dikenal cardex, kepanjangan dari card index yaitu lembaran berisi catatan kegiatan sales call di hari itu.

Kartu indeks, catatan tentang perusahaan apa saja yang telah dikunjungi, bertemu siapa dan kabar terbaru. Usai blusukan di sore hari harus dilaporkan melalui kartu indeks. Ditulis tangan rapi lalu menjadi bahan diskusi tim penjualan ketika briefing pada hari yang sama.

Penyimpanan cardex dalam lemari kabinet. Jadi setiap tim penjualan memiliki masing-masing kabinet. Jumlahnya sekitar 400 hingga 500 lembar per orang. Itulah yang menjadi tanggung jawab tim marketing. Jadul banget.

Seiring berjalannya waktu, di era pemasaran digital beberapa hotel masih menggunakan metode tersebut namun cardex dibuat dalam file e-cardex. Jadi dokumen file menyimpan semua data perusahaan beserta anak perusahaan yang jumlahnya ribuan.

Keuntungan e-cardex selain lebih terperinci berisi profil perusahaan, sederhana, mudah juga cepat.

Seiring  perkembangan teknologi, kini e-cardex digantikan sistem pada property management system (PMS). Kita akan temukan data perusahaan lengkap beserta catatan terbaru.

Data lengkap termasuk alamat perusahaan, nama kontak dan jabatannya, nomor yang dihubungi serta nama-nama VIP. Pencatatan sejarah kunjungan tim penjualan juga sangat diperlukan agar berkesinambungan jika anggota tim resign.

Itulah salah satu kecanggihan teknologi pada penjualan dan pemasaran industri hospitaliti. Teknologi berlari sangat cepat hingga kini beralih pada platform mutakhir yang disebut e-marketing. Dan saya mengikuti serta mengalami perubahan dari manual hingga terbarukan selama 3 dekade 

Global marketing atau pemasaran global menjadi sistem terbarukan pada industri hotel. Menjadi ciri khas sebagai perluasan bisnis kekinian.

E-marketing yaitu kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran global, pasar global dengan produk sama di berbagai negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN