Mohon tunggu...
Cecev Handoyo
Cecev Handoyo Mohon Tunggu... Jurnalis - Citizen Journalism

Sehari-hari menjalani kehidupan sebagai petani sambil menulis di media online. Sebelumnya bekerja di beberapa perusahaan swasta di bidang perkebunan yang ada di beberapa provinsi di Indonesia selama puluhan tahun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia vs Libya Jilid 2, Apakah Masih Coba-coba?

5 Januari 2024   10:32 Diperbarui: 5 Januari 2024   10:37 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia vs Libya kembali bertemu dalam pertandingan uji coba. (Foto: Instagram @timnas.indonesia)

Dalam pertemuan kedua antara Indonesia vs Libya, muncul pertanyaan, apakah Timnas Indonesia masih melakukan permainan coba-coba seperti yang terlihat pada pertandingan sebelumnya?

Pertemuan Indonesia vs Libya akan kembali berlangsung nanti malam, Jumat, 5/1 pukul 20.00 WIB di Antalya, Turki.

Namun, untuk pertandingan Indonesia vs Libya jilid kedua, tujuan utamanya bukanlah hasil akhir, namun lebih kepada bagaimana cara bermain yang rapi dan terorganisir.

Penting untuk menghindari kekalahan yang terlalu telak, karena hal tersebut dapat berdampak negatif pada mental para pemain, terutama setelah kekalahan 4-0 di pertandingan pertama.

Pentingnya permainan yang rapi, dengan sinkronisasi pergerakan antara pemain yang menguasai bola dan yang melakukan pergerakan tanpa bola, sinergi antar lini, serta konektivitas, sangatlah krusial.

Performa yang kurang baik dalam uji coba dapat membawa dampak buruk ke Piala Asia.

Dalam pandangan Binder Singh, untuk pertandingan jilid kedua, fokusnya seharusnya pada permainan yang rapi, tanpa terlalu memikirkan hasil akhir, dilansir dari YouTube Bola Bung Binder.

Meskipun kalah bukanlah masalah besar, namun perlu dihindari kekalahan yang terlalu mencolok agar tidak merusak psikologis para pemain.

"...jadi untuk pertandingan Jilid kedua besok yang saya harapkan permainan rapi aja, enggak perlu bermain indah juga, enggak menang juga enggak masalah, kalah pun enggak masalah, tapi ya jangan dibantai juga dong Bos, kan kalau dibantai yang saya khawatir jangan sampai kena ke mental para pemain," harap Binder Singh sambil mengingatkan.

Pertandingan kedua ini memiliki signifikansi yang sama pentingnya, di mana permainan yang lepas tetapi tetap serius menjadi kunci.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun