Mohon tunggu...
Cecep AndiHaeruman
Cecep AndiHaeruman Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya bukan Robot

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jaga Kesehatan Mental Anda dengan Hewan Peliharaan

24 November 2022   06:09 Diperbarui: 24 November 2022   06:10 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Memelihara hewan peliharaan memiliki banyak manfaat. Selain bisa meredakan stress dan mengisi waktu luang, bermain dengan hewan peliharaan juga bisa menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan mental.

Berbeda dengan jiwa yang berkaitan dengan tubuh atau fisik. Kesehatan mental sendiri merupakan kondisi di bawah alam sadar manusia. Bahkan kebanyakan orang mengartikan kesehatan mental sebagai kondisi batin.

Ada banyak faktor mengapa kesehatan mental bisa terganggu. Akan tetapi pengaruh yang paling signifikan berasal dari eksternal. Kurangnya kasih sayang dari keluarga, mendapat banyak tugas sekolah, hingga lingkungan pertemanan yang sudah tidak sehat bisa menjadi pemicu rusaknya kesehatan mental manusia.

Mental yang baik pastinya adalah mental yang bisa memberikan ketentraman, kenyamanan serta ketenangan pada diri pribadi. Merawat hewan peliharaan bisa menjadi solusi dari mental yang tidak sehat. Berikut ini alasan mengapa memelihara hewan peliharaan bisa menjadikan mental lebih baik:

Menghilangkan Waktu Luang

Ucapan dari orang lain bisa saja sangat menyakitkan. Sehingga orang yang dibicarakan akan terus-terusan memikirkan ucapan tersebut pada saat mereka memiliki waktu luang. Kondisi ini akan sangat memengaruhi kesehatan mental. Mengisi waktu luang dengan cara merawat hewan peliharaan akan mengalihkan pemikiran tersebut. Lambat laun, waktu kosong yang biasanya digunakan untuk memikirkan ucapan orang lain kini akan beralih pada merawat hewan peliharaan. Hal ini sangatlah baik. Terlebih lagi bisa melatih perhatian kita ke arah yang lebih positive.

Mendapat Rasa Bahagia yang Berbeda

Feedback yang didapat dari memelihara hewan peliharaan akan sangat berkesan. Melihat peliharaan makan dengan lahap, akan memberikan sebuah rasa bahagia pada diri yang tidak bisa dijelaskan. Sehingga kita akan merasa kurang jika satu hari saja tidak memberikan makan. Selain itu juga, waktu yang digunakan untuk bermain-main dengan hewan peliharaan mampu menciptakan suasana yang sangat nyaman. Rasanya beban yang kita tanggung selama ini  bisa luntur sejalan dengan waktu yang habis digunakan untuk bermain.

Memlihara hewan peliharaan memang sangat baik dalam menjaga kesehatan mental manusia. Akan tetapi penyesuaian juga harus tetap dilakukan. Karena hewan yang bisa dijadikan peliharaan memiliki jenis yang banyak. Untuk langkah awal, alangkah baiknya mencoba terlebih dahulu memelihara hewan yang umum seperti ikan, kucing dan anjing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun