Mohon tunggu...
Catur Cahyoko
Catur Cahyoko Mohon Tunggu... Penulis - Fresh Graduate S1 Teknik Pertanian

Saat ini baru lulus dari jenjang S1, dan mencoba terjun dunia penulisan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mengelola Keuangan Sendiri

30 Juli 2021   10:00 Diperbarui: 30 Juli 2021   10:03 53 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengelola Keuangan Sendiri
Menabung, Sumber : Freepik.com

Mengelola laporan keuangan, pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. Bagi orang yang suka menyimpan uang dengan baik atau ingin berbelanja pasti membuat catatan terlebih dahulu. Jika tidak ada catatan terkadang membuat kita lalai ketika berbelanja. Seperti yang kita tahu laporan bisa kita manfaatkan sebagai cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan. 

kalau keuangan pasti kalian mikir dan tertuju ke sebuah benda yang dibutuhkan sehari-hari yaitu uang dan yang suka berinvestasi jika digabungkan laporan keuangan itu serangkaian proses pencatatan dan pengikhtisaran data transaksi bisnis/kebutuhan rumah. Laporan keuangan biasanya lebih umum kita jumpai di perusahaan, rumah tangga, bisnis, dan lainnya sesuai kebutuhan pembuat laporan.

Bagaimana cara mengelola keuangan milik kita sendiri?

  1. Menabung

Yang pertama yaitu dengan menabung siapa si yang ga kenal menabung? alias tidak boros dalam penggunaan uang. Kita harus bisa menyimpan uang kita dan membagi porsinya. ada yang kita gunakan untuk keperluan sehari - hari, ada juga yang kita sisihkan untuk kita masukkan ke dalam tabungan. 

  1. Jangan Berhutang

yang kedua jangan berhutang jika tidak dalam kondisi terpaksa. Jika kita masih bisa mengusahakannya kalian masih bisa kerja sampingan untuk mendapatkan uang. jangan sampai kita terlilit hutang dan bagi yang sudah hutang. Adanya hutang justru akan membuat beban untuk kedepannya. keuangan yang masuk nantinya bisa saja tidak bisa anda nikmati dan justru keluar lagi untuk membayar hutang. 

  1. Buat Catatan kecil

Setiap uang yang masuk bisa kita catat terlebih dahulu dan membuat catatan pengeluarannya juga. Dengan begini kita bisa lebih mudah memantau arus uang kita. adanya catatan keuangan juga akan membuat pengeluaran kita bisa lebih terkendali. 

  1. Jangan lupa menyisihkannya untuk keperluan asuransi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x