Hai sobat semua, pernah nggak sih terbesit di pikiran kalian, kenapa kalo kita main di Alfamart, Indomart atau minimarket laiinya, terkadang kita ngejumpain posisi, formasi, atau tata letak yang berubah-ubah. Apakah itu hanya kebetulan saja? Atau mereka merubah posisi tata letak itu hanya untuk alasan agar pelanggan tidak bosan? Ternyata tidak hanya alasan seperti itu sobat.Â
Setelah pihak mini market tahu, bahwa banyak dari pelanggan mereka yang membeli beras di tanggal sekitar 25-30 di setiap bulannya, maka mereka akan menampilkan beras di tempat mereka mudah untuk dilihat oleh pelanggan. Darimanakah mereka tahu keadaan seperti itu? Yap, Data Mining lah jawabannya.
Dikutip dari wikipedia, Data Mining atau Penggalian Data adalah ekstraksi pola yang menarik dari data dalam jumlah yang besar. Data dengan jumlah yang besar tersebut akan diekstrasi sehingga dapat dijadikan sebuah informasi.Â
Maka tidak heran, apabila seperti penjelasan di atas, pihak minimarket bisa mengetahui kebiasaan pelanggan yang biasa membeli beras di akhir bulan. Dikutip dari Beyonder.asia, data mining digambarkan seperti penambangan logam mulia dari suatu sumber. Teknologi ini berfungsi untuk memprediksi tren, menemukan pola yang tidak bersifat umum, dan membuat keputusan kritis
 Data mining meliputi berbagai bidang, mulai dari pemasaran, kesehatan, bank, asuransi, pendidikan, dan lain sebagainya. Dalam hal pemasaran, data mining dapat membantu mengidentifikasi pembelian yang dilakukan konsumen.Â
Contoh: Bila Budi membeli mie instant dengan jumlah yang banyak, maka dia akan membeli juga saus dan kecap. Hal ini membantu para pemakai data mining menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.
Nah sekarang Sobat harus tau juga nih bahwa data mining itu dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:
- Pembersihan data
- Integrasi data
- Transformasi data
- Aplikasi teknik DM
- Evaluasi pola yang ditemukan
- Presentasi Pengetahuan
Tahap di atas bersifat interaktif, dimana pemakai akan terlibat langsung
Sumber:
https://threeaf.wordpress.com/2011/02/18/proses-dan-cara-kerja-data-mining/
Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.Â