Mohon tunggu...
Tian Lustiana
Tian Lustiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger

Lifestyle & parenting blogger

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menikmati Udara Segar di Desa Alamendah, Rancabali

8 November 2022   14:03 Diperbarui: 8 November 2022   14:55 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dari Travel Kompas

Jalan - jalan ke Desa sekarang menjadi tujuan untuk healing, ya menghirup sejuknya udara pedesaan memang mendamaikan hati dan menenangkan jiwa. 

Jadi ingin sekali nih menenangkan diri ke desa, melihat pedesaan yang tenang, dengan segala ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Eh, tapi sekarang itu banyak sekali desa wisata yang bisa kita kunjungi loh, bukan hanya untuk mudik atau pulang kampung. Namun bisa kita kunjungi kapan saja untuk menenangkan diri atau sekalian berwisata bersama keluarga atau sahabat. 

Salah satu desa wisata yang letaknya tidak begitu jauh dari Bandung kota. Namanya Desa Alamendah, ada yang pernah kesana? 

Desa Alamendah ini adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung. Desa Alamendah ini ternyata salah satu desa argonomi paling maju di daerah Rancabali loh, yang mana mayoritas penduduknya itu merupakan petani dan pedagang. 

AGROWISATA DESA ALAMENDAH 

Desa Alamendah ini punya kegiatan ekonomi yang paling menonjol dalam bidang pertanian, mungkin karena letak geografisnya berupa bukit yang berada di luar kawasan hutan. 

Desa Alamendah ini iklimnya tropis  dan curah hujannya rata - rata kisaran 1500 sampai 4000 mm per tahunnya dengan suhu rata - rata itu antara 19 - 24C. Lahan di pedesaan Alamendah ini banyak didominasi tegalan dan juga ladang untuk sayur dan buah, diantaranya daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri dan lainnya. 

Potensi ini yang membuat Desa Wisata Alamendah lebih mengedepankan kegiatan agrowisata nya. Kegiatan ini sudah berkembang, pasti teman- teman pernah merasakan kegiatan petik stroberi sendiri kan? NAh itu salah satu kegiatan argo wisatanya. Terus juga ada belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan juga ada pengemasan di salah satu pondok pesantren yang ada di Desa Wisata Alamendah. WAh seru ya wisata bertani gini dan berkeliling untuk menikmati udara serta suasana ladang pertanian yang asri. 

Gambar dari Youtube Jurnal Desa
Gambar dari Youtube Jurnal Desa

Selain perkebunan, ada juga peternakan, salah satunya adalah pemerahan susu sapi, nah susu sapi ini kemudian dijual ke koperasi. Namun ada juga produsen susu yang mengolah susu sapi ini menjadi yoghurt. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun