Mohon tunggu...
Ibnul Fadani
Ibnul Fadani Mohon Tunggu... Penulis - Penulis | Pembaca | Atlet

Menulis adalah cara terbaik untuk berbicara tanpa diganggu.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

5 Pertanyaan Ketika Interview Kerja, dan Contoh Jawabannya

2 Juni 2023   16:58 Diperbarui: 3 Juni 2023   15:47 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan wawancara yang umum ditanyakan dalam proses mencari pekerjaan beserta contoh jawabannya:

1. Ceritakan tentang diri Anda.

Jawaban contoh: Saya adalah seorang profesional yang bersemangat dan berdedikasi. Saya memiliki latar belakang dalam bidang [sebutkan bidang] dan telah memiliki pengalaman kerja selama [sebutkan jumlah tahun]. Saya memiliki keahlian dalam [sebutkan keahlian yang relevan] dan telah berhasil bekerja dalam tim serta menghadapi tantangan dengan kreativitas dan solusi yang baik.

2. Mengapa Anda tertarik dengan perusahaan ini?

Jawaban contoh: Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasinya yang sangat baik dalam [sebutkan bidang industri]. Saya telah melakukan penelitian mendalam tentang perusahaan ini dan terkesan dengan nilai-nilai intinya, inovasi yang dilakukan, dan dampak positif yang dimiliki perusahaan ini dalam industri. Saya percaya bahwa dengan bergabung dengan perusahaan ini, saya akan memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang dalam karier saya.

3. Apa kekuatan terbesar Anda yang dapat Anda bawa ke perusahaan ini?

Jawaban contoh: Salah satu kekuatan terbesar saya adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Saya mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, baik sesama rekan kerja, klien, maupun atasan. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan analitis yang kuat dan mampu menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang terstruktur. Saya memiliki kemampuan untuk bekerja dengan efektif dalam tim serta memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik saat diperlukan.

4. Bagaimana Anda menangani situasi konflik dalam tim?

Jawaban contoh: Saya percaya bahwa komunikasi terbuka dan empati sangat penting dalam menangani situasi konflik dalam tim. Jika ada konflik, saya akan mencoba mendengarkan semua pihak yang terlibat dengan penuh perhatian dan mencari pemahaman yang mendalam tentang masalah yang ada. Saya akan mencoba menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk membahas masalah tersebut, dan berusaha mencapai solusi yang saling menguntungkan dan membangun kolaborasi yang lebih baik di masa depan.

5. Bagaimana Anda mengatasi tantangan atau kegagalan dalam pekerjaan sebelumnya?

Jawaban contoh: Saya percaya bahwa tantangan dan kegagalan adalah bagian alami dari proses belajar dan tumbuh. Ketika menghadapi tantangan atau kegagalan dalam pekerjaan sebelumnya, saya selalu mencoba untuk menganalisis akar permasalahan dan mencari pelajaran yang dapat diambil. Saya berusaha mencari solusi alternatif atau strategi baru untuk mengatasi tantangan tersebut dan menghindari kesalahan di masa depan. Saya juga selalu membuka diri untuk meminta bantuan dan belajar dari pengalaman orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun