Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Wajib Tahu! 8 Macam Doa yang Familiar Saat Bulan Ramadan

28 April 2021   18:35 Diperbarui: 28 April 2021   18:43 347 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajib Tahu! 8 Macam Doa yang Familiar Saat Bulan Ramadan
Dalil dan Doa saat Bulan Ramadan (Sumber: shutterstock)

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh maghfiroh atau ampunan. Setiap orang berharap berkah Ramadan dengan memanjatkan doa-doa. Baik waktu sholat, berbuka puasa maupun makan sahur.

Anda pasti familiar dengan doa-doa dan dalil yang sering diucapkan banyak orang saat bulan Ramadan. Apa saja sih? Setidaknya ada 8 doa dan yang sering diucapkan banyak orang saat bulan Ramadan. 

DOA MENYAMBUT DATANGNYA BULAN RAMADAN

Doa yang wajib anda pahami adalah doa untuk menyambut bulan Ramadan, yang berbunyi:

Allahumma ahillahu Alaina bil amni wal Imani was salamati wal islami wal'afiyatil mujallalati wa difa'il asqomi wal 'aini 'alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur'ani. Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahuminna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa waawfata 'annaa. 

Artinya:

"Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit dan pertolongan untuk sholat, puasa dan membaca Al Qur'an. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadan ini. Selamatkan Ramadan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami  dan Engkau memaafkan kami.

Marhaban Yaa Ramadan (Sumber: shutterstock)
Marhaban Yaa Ramadan (Sumber: shutterstock)
DALIL KEWAJIBAN BERPUASA DI BULAN RAMADAN

Ini adalah dalil Al Qur'an yang sudah familiar di bulan Ramadan. Mengapa? Dalil yang merupakan dasar hukum dari Al Qur'an untuk melakukan kewajiban berpuasa di bulan Ramadan.

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa," (QS. Al-Baqarah: 183).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x