Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel & Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018 www.casmudiberbagi.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Momen Indah yang Selalu Saya Rindukan Saat Bulan Ramadan

16 April 2021   03:38 Diperbarui: 16 April 2021   03:42 347 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Momen Indah yang Selalu Saya Rindukan Saat Bulan Ramadan
Suasana bulan Ramadan yang selalu dirindukan umat Islam (Sumber: dokumen pribadi)

"Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah umur kami di bulan Ramadan." (HR Imam Ahmad dan Ath Thabrani).

Ramadan adalah bulan agung yang penuh berkah. Harapan dan doa di atas mengharapkan bisa bertemu dengan bulan Ramadan kembali. Doa tersebut selalu di-tarhib (disambut dengan senang hati atau lapang dada) oleh baginda Nabi Muhammad SAW, ketika memasuki bulan Rajab.

Bahkan, dalam sejarah menurut Yahya bin Abi Katsir ra. menyatakan bahwa salah satu doa yang dipanjatkan oleh para salaf adalah do'a yang berbunyi:

"Ya Allah, pertemukan diriku dengan bulan Ramadan, selamatkan Ramadhan untukku, dan   terimalah seluruh amalku di bulan Ramadan".

Begitu agungnya bulan Ramadan. Pantas saja, jika Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Seandainya umatku mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadhan, maka sungguh mereka akan berharap satu tahun itu Ramadan penuh. Sesungguhnya surga berhias menyambut Ramadan setiap tahunnya".

Oleh sebab itu, kita beruntung sekali bisa bertemu Ramadan 2021, meskipun dalam situasi pandemi. Karena, umur manusia tidak ada yang tahu. Dan, hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui.

Bulan Ramadan selalu menimbulkan suasana atau momen yang khas. Saya sendiri sangat merindukan bulan Ramadan. Karena, momen yang tidak bisa saya temukan di bulan selain Ramadan. Setidaknya, ada 5 momen penting yang membuat saya selalu merindukan bulan Ramadan, yaitu:     

TAKJIL RAMADAN

Momen pertama yang khas di bulan Ramadan adalah munculnya takjil Ramadan. Atau, makanan dan minuman yang menjadi pembuka orang yang sedang berpuasa. Banyak orang yang menjual takjil Ramadan di pinggir jalan. Bahkan, takjil Ramadan dijual dalam sebuah pasar khusus atau pasar Ramadan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN