Casmudi
Casmudi wiraswasta

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Confero, Menyatukan Aman, Nyaman, dan Elegan untuk Kendaraan Keluarga

4 Januari 2018   14:05 Diperbarui: 4 Januari 2018   14:28 2762 3 3
Confero, Menyatukan Aman, Nyaman, dan Elegan untuk Kendaraan Keluarga
dokumentasi pribadi

Persaingan dunia otomotif kian sengit. Salah satu pabrikan yang ikut ambil bagian dalam persaingan dunia otomotif adalah Wuling Motors yang berasal dari Tiongkok. Kita menyadari bahwa perkembangan ekonomi Tiongkok sungguh luar biasa. Salah satu perkembangan teknologi yang sedang naik daun adalah otomotif. Dan, kini ekspansi otomotif hingga Asia Tenggara, khususnya Indonesia.   

Saya beruntung diberi kesempatan untuk melakukan liputan khusus dan review produk terbaru. Tanggal 29 November 2017, saya berkunjung ke salah satu dealer Wuling Motors Bali di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 234 Denpasar. Kedatangan saya disambut baik oleh  Bapak I Gede Bagus Nyoto W. selaku After Sales Manager. Kami berbincang santai baik di ruang tunggu maupun bagian belakang show room.

 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Perlu diketahui bahwa perusahaan Wuling Motors mengusung motto "Drive For A Better Life" yaitu berusaha  memberikan suasana berkendara yang lebih baik bagi kehidupan setiap keluarga. Produk Wuling Motors adalah mobil Seri Confero. Kata "Confero" berasal dari Bahasa Latin yang artinya "untuk menyatukan" (to bring together). Sedangkan "S" pada nama Confero merupakan singkatan dari "Sporty".

Yang menarik dari Confero yaitu menggunakan mesin besutan General Motors (GM). Inilah yang menjadi nilai lebih, Produk Tiongkok tetapi Tarikan Amerika. Adapun, spesifikasi seri Confero bisa lihat tabel berikut:

(Sumber: Wuling Motors)
(Sumber: Wuling Motors)
Seri Confero diproduksi Wuling Motors yang pabriknya di: PT SGMW MOTOR INDONESIA, Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, Jl. Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Kode Pos: 17530.

Berdasarkan jumlah kursinya, ada 2 pilihan konfigurasi, yaitu 7-seat (Captain Seat) & 8-seat. Confero dengan 7-seat ada di Confero S, sedangkan Confero 8-seat bisa diperoleh baik seri Confero maupun Confero S.  Wuling Motors mengeluarkan tiga pilihan varian: 1) Confero 1.5; 2) Confero S 1.5C; dan 3) Confero S 1.5L. Di Bali, Seri Confero biasanya dipesan oleh perusahaan Rental Mobil dan Tour & Travel karena harga dan  konfigurasi 8 seats. 

  

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Wuling Motors khususnya seri Confero S telah dibekali mesin 1.5L with Dual DVVT (Dual Variable Valve Timing), DOHC, MPI  yang memberikan performa mesin bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.

Ada perbedaan kondisi mesin antara Seri Confero dan Confero S yaitu: Confero S telah dilengkapi dengan cover (penutup) mesin sedangkan tipe Confero masih terbuka (tanpa penutup).

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
 

Jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat tampilan luar (exterior design) Confero. Desain Grill yang modern terbuat dari krom (untuk seri Confero S Tipe C dan L) dan bemper yang gagah merupakan daya tarik setiap orang. Arah pencahayaan lampu yang bisa diatur sesuai dengan keinginan kita (Adjustable Projector headlight with follow me home) untuk Confero S tipe C dan L.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Demi keamanan, Confero dilengkapi lampu bagian depan (Daytime Running Light) dan lampu belakang yang kuat agar terlihat jelas oleh pengendara lain. Saat musim hujan, Confero S Tipe L dilengkapi Frameless Wiper yang menghasilkan sapuan lebih bersih dan melihat lebih jelas. Tampilan makin modis dengan lis jendela mobil terbuat dari krom.  

Confero S tipe C dan L dilengkapi roda berdiameter lebih besar untuk kenyamanan berkendara (15" alloy wheel with machining). Jarak bagian bawah mobil dengan permukaan tanah 20,5 cm semakin memberikan keamanan saat melewati permukaan jalanan yang tidak rata.  

Interior

Kabin Confero begitu longgar. Saya menikmati kesan mewah dan nyaman desain interiornya. Tampilan display Meter Cluster pada dashboard begitu elegan beserta perangkat hiburan (entertainment) yang mempesona. Apalagi, sistem audio video yang menggunakan layar sentuh (touchscreen) memberikan kesan modern. Namun, khusus seri Confero tidak dilengkapi dengan display layar sentuh.   

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
 

Ada slot memory card yang berada di bawah layar sentuh. Semua tipe mempunyai 2 baris USB sedangkan pada seri Confero S tipe C dan L mendapatkan tambahan 1 baris USB. Saat ada panggilan masuk, anda bisa menjawabnya dengan mudah karena fasilitas Bluetooth yang terhubung ke Smartphone.

Untuk menggunakannya Anda cukup memencet tombol bergambar telepon di bagian kiri alat kemudi. Dekat tombol tersebut juga terdapat tombol pengatur audio. Terpasang jam manual klasik berbentuk bulat seperti di mobil mewah Eropa di antara kedua A/C Outlet. A/C outlet-nya sendiri dibalut krom. Untuk Confero S tipe C dan L telah dilengkapi dengan 2 AC blower yang bisa dikontrol dari kabin depan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Handel pintu dan stir kemudi dibalut krom menambah sensasi. Semua tipe Confero S dilengkapi alat perpindahan gigi (shift knob) yang mewah. Posisi kemudi bisa diatur sesuai keinginan kita. Menarik, saat anda meninggalkan dan hendak masuk kendaraan kembali, Confero S tipe C dan L telah menggunakan remote control yang berguna membuka kaca jendela secara otomatis. Hal ini untuk mendinginkan kondisi udara dalam kabin sebelum anda memasuki kendaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2