Mohon tunggu...
CAROLINE ROTUA
CAROLINE ROTUA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sebagai Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kampus di Purwakarta

Besar harapan saya, tulisan saya dapat dinikmati oleh banyak kalangan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Yogyakarta: Merayakan Warisan Sejarah yang Tak Tergoyahkan

16 November 2023   22:40 Diperbarui: 17 November 2023   08:11 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

D.I Yogyakarta sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun asing karena memiliki berbagai jenis wisata, termasuk wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata lainnya. Pariwisata pasti akan memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, masyarakat, budaya, dan ekonomi.

Yogyakarta juga menyimpan potensi yang berasal dari peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya seperti Candi Prambanan (terkenal juga dengan sebutan Candi Sewu dan Candi Roro Jongrang), Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Gebang, Candi Ratu Boko, Candi Sambisari, dan candi-candi yang lain. Di Yogyakarta juga terdapat Keraton Yogyakarta, Keraton Pakualaman, Makam Panembahan Senopati, Museum Sonobudoyo, Museum Sasmitaloka, Museum Panglima Sudirman, Benteng Vredeburg, dan lain-lain yang dapat dikategorikan sebagai potensi wisata sejarah

Banyaknya objek wisata di Yogyakarta menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan terhadap Yogyakarta. Kota Yogyakarta juga kota yang penuh dengan pelajar dan tempat wisata, jadi banyak orang yang pergi ke sana dan memiliki mobil. Jalan utama Yogyakarta-Magelang menghubungkan ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten. Kota ini memiliki banyak tempat untuk dikunjungi karena potensi geografis, sejarah, dan budayanya.

Supaya lebih bisa membayangkan keindahan Yogyakarta, saya akan membawa kan beberapa kenang-kenangan saya dari Yogyakarta, yang dimana pada hari Rabu sampai Jumat, mahasiswa UPI Kampus di Purwakarta menjalankan studi banding ke Yogyakarta dan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan ilmu khususnya ilmu sosial.

Untuk gambar pertama, disini saya menampilkan lambang atau simbol dari Universitas Negeri Yogyakarta, unik bukan?

99fbb0a7-0230-476e-8c33-e8ba4e7dcd12-655630a837cb2a190940e752.jpeg
99fbb0a7-0230-476e-8c33-e8ba4e7dcd12-655630a837cb2a190940e752.jpeg
Universitas Negeri Yogyakarta

Mengapa saya lebih memilih menampilkan lambang tersebut? Karena, menurut saya, lambing tersebut merupakan suatu ciri khas dari universitas tersebut. Sama seperti halnya Universitas Pendidikan Indonesia memiliki lambang nya tersendiri yang dimana menjadi ciri khas dari UPI yaitu salah satunya dengan warna merah pada lambang nya.

Saya mendatangi UNY pastinya tidak sendirian, saya bersama teman-teman mahasiswa UPI Kampus Purwakarta dan juga pembimbing kami yaitu para dosen-dosen yang cantik dan ganteng. Walaupun tingkatan kami jelas jauh berbeda, tetapi tetap saja tujuan kami mengunjungi UNY adalah sama-sama untuk belajar, mempelajari hal yang menjadikan diri kita menjadi orang yang lebih open minded.

Tidak ada salahnya kan ingin lebih mengetahui suatu hal? Saya pernah mendengar suatu pepatah mengatakan “Better late, than never” yang artinya, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Tetapi ingat, tidak ada kata terlambat untuk hal-hal yang baik di dunia ini, hanya saja kita harus bisa mengontrol diri kita, apakah kita mau maju atau tetap diam dalam zona nyaman kita?

Mahasiswa UPI Kampus di Purwakarta mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 9 November 2023. Jadwal yang ditentukan sangat pas sekali, tetapi tetap kurang lama untuk menikmati kampusnya dan mengetahui lebih dalam mengenai UNY.

Apabila ditanyakan mengenai cara kami untuk mengetahui lebih dalam UNY waktu yang singkat adalah dengan fokus kepada semua pemateri dan semua pihak-pihak yang berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Supaya bisa tersampaikan makna dan pesan yang diberikan pemateri kepada kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun