Mohon tunggu...
Carolina harli
Carolina harli Mohon Tunggu... hai

hai

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sistem Pemerintahan Thailand

21 Oktober 2019   18:38 Diperbarui: 21 Oktober 2019   18:40 1261 0 6 Mohon Tunggu...
Sistem Pemerintahan Thailand
dokpri

Thailand adalah satu - satunya negara ASEAN yang tidak pernah dijajah. Nama lain dari Thailand sendiri merupakan Muangthai yang diambil dari salah satu suku yang masih menetap disana yaitu suku Thai yang memiliki arti Negara. Thailand berletak secara astronomis di 6LU -- 21LU dan 97BT -- 106BT. Secara geografis negara ini, di bagian utaranya berbatasan dengan negara Laos dan negara Myanmar. Untuk wilayah selatan Thailand berbatasan dengan negara Malaysia. Di bagian timur, negara ini berbatasan dengan negara Laos dan negara Kamboja. Bagian barat Thailand berbatasan dengan negara Myanmar.

Thailand merupakan sebuah negara Monarki Konstitusional yang terletak di Asia Tenggara. Menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional tersebut, Kepala negara Thailand adalah seorang Raja dan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Penguasa monarki Thailand saat ini adalah Maha Vajiralongkorn. Raja tersebut telah memerintah semenjak kematian ayahnya Bhumibol Adulyadej pada 13 Oktober 2016. Thailand menganut ideologi liberalisme. 

Kepala pemerintahan Thailand adalah menteri dan para wakil menteri.

Perdana Menteri Gen. PRAYUT Chan-ocha (sejak 25 Agustus 2014)
Wakil Perdana Menteri Jend. PRAWIT Wongsuwan (sejak 31 Agustus 2014)
Wakil Perdana Menteri WISSANU Kruea-ngam (sejak 31 Agustus 2014)
Wakil Perdana Menteri SOMKHIT Chatusiphitak (sejak 20 Agustus 2015)
Wakil Perdana Menteri PRACHIN Chantong (sejak 20 Agustus 2015)
Wakil Perdana Menteri NARONG Phiphatthanasai (sejak 20 Agustus 2015)
Wakil Perdana Menteri Jend. CHATCHAI Sarikan (sejak 23 November 2017)

Dalam masa pemerintahannya, kepala negara memimpin seumur hidup, sementara kepala pemerintahan ditentukan jangka waktu (maksimal 2 periode). Jabatan kepala negara diwariskan turun temurun menurut UU, sementara jabatan kepala pemerintahan dipilih rakyat (langsung) atau parlemen (tidak langsung). 

EKSEKUTIF

Raja merangkap sebagai kepala angkatan bersenjata dan penegak agama. Contoh kekuasaan eksekutif Raja adalah melakukan kekuasaan melalui sistem cabinet. Lembaga eksekutif dipimpin langsung oleh Perdana Menteri dengan dukungan 35 anggota menteri. 

LEGISLATIF

Di Thailand, lembaga legislatif biasadisebut sebagai Majelis Nasional. Anggota dari Majelis Nasional terdiri atas Senat dan House of Representatives. Ketua dari House of Representatives merupakan ketua dari Majelis Nasional dan wakilnya merupakan ketua dari Senat.

YUDIKATIF

Anggota dari lembaga yudikatif terdiri atas pengadilan banding, Mahkamah Agung, pengadilan hakim, pengadilan first instance dan pengadilan buruh dan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x