Carmudi Indonesia
Carmudi Indonesia Wartawan

Memberikan informasi seputar dunia otomotif terkini. Penyajian tulisan lengkap mengenai, tips dan trik, review mobil dan motor, serta teknologi terbaru di industri otomotif. Semoga informasi yang kami sajikan berguna bagi pembaca Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Setelah Mudik

25 Juni 2018   14:27 Diperbarui: 25 Juni 2018   14:32 2338 0 0
Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Setelah Mudik
newscientist.com

Musim mudik hampir usai. Selain kebahagiaan dan rasa lelah tentunya kendaraan yang perlu diperiksa kondisinya. Medan mudik yang cenderung jauh menuntut tenaga ekstra kendaraan. Apalagi untuk berlama-lama terjebak di tengah kemacetan berpuluh kilometer. Banyak kerugian yang ditimbulkan akibat macet, salah satunya bahan bakar tentunya cepat habis.

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi seperti dikutip dari berita Carmudi, menyarankan kepada pemudik agar melakukan pemeriksaan ke beberapa bagian mobil terutama yang membutuhkan cairan.

"Misalnya oli, itu bisa jauh berkurang saat kondisi macet ketimbang jalan terus karena temperatur mesin naik jadi oli bisa menguap," kata Dadi.

Disamping oli, diriya pun menyarankan agar pemilik mobil segera memeriksa volume air aki. Air aki bisa menguap lantaran suhu di kap mesin yang sangat panas. Oleh karena itu pastikan air didalamnya tidak berkurang dan kering.

"Akibatnya kondisi baterai cepat sekali drop karena mobil enggak jalan tapi panas. Paling tidak periksa air akinya karena telah terjadi penguapan," terang Dadi.

Selain oli dan air aki, cairan lainnya yang wajib diperiksa diantaranya adalah air radiator, oli power steering, minyak rem, dan air wiper.

Lakukan Servis Rutin Berkala

Untuk pemeriksaan lebih lanjut dan demi keberlangsungan usia kendaraan lebih baik dilakukan servis rutin berkala di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Kadang kala, ada beberapa kerusakan atau komponen yang mulai habis masa pakainya saat dilakukannya servis ini.

Bagian-bagian tersebut diantaranya adalah kopling dan rem. Tidak lupa juga lakukan spooring ban mobil dan tune up jika diperlukan.

Terakhir, terdengar sederhana tapi cukup penting, cucilah mobil Anda. Kotoran yang dibiarkan menempel lambat laun akan merusak komponen mobil. Ditambah lagi, kinerja komponen bisa saja terganggu akibat kotoran yang tidak segera dibersihkan.