Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Merawat Bulu Anjing agar Lebat dan Sehat

13 Oktober 2019   01:54 Diperbarui: 13 Oktober 2019   02:33 0 10 3 Mohon Tunggu...
Cara Merawat Bulu Anjing agar Lebat dan Sehat
(Sumber:stagramer.com)

Mempunyai hewan peliharaan yang sehat menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemiliknya. Rasanya waktu yang diluangkan merawat mereka tidak terbuang percuma, sekaligus menandakan cara perawatan untuk anjing boleh dinilai cukup baik.

Dikutip dari vcahospitals menjelaskan, mantel bulu anjing bisa dikatakan sehat jika tampak halus dan mengkilap. Selain itu bulu tidak gampang rontok atau terlihat kasar.

Cara merawat bulu anjing agar lebat dan sehat yang Anda lakukan, bisa jadi sudah tepat setelah memperhatikan kulit mereka kenyal dan tidak memiliki minyak dan bersisik.

Sementara sebagian pemilik hewan peliharaan anjing mungkin masih bingung cara merawat bulu anjing agar sehat.

Meski sudah memberi makanan yang terbaik menurut anggapan Anda, kondisi bulu mereka bisa dibilang tidak berubah sama sekali. Sedangkan ras anjing sejenis tampak lebih OK keadaannya.

Mantel bulu anjing seperti yang sudah kita tahu masih berhubungan dengan kulit mereka. Ketika pakan yang diberikan seimbang dilahap dengan baik, akan menjadi nutrisi bagi tubuh dan menjalar ke kulit hingga akhirnya ke bagian bulu.

Beberapa zat yang dibutuhkan dalam makanan tersebut, seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.

Pengaruh makanan yang tak diragukan sebagai salah satu upaya menyehatkan dan membuat mantel bulu mereka panjang, tekstur dan bahan makanan yang Anda berikan memberi efek mudah atau tidaknya sistem pencernaan mengurai asupan makanan.

Efek jangka panjangnya dari nutrisi yang tidak cukup, mantel bulu anjing makin tidak sehat dan bisa mengalami kerontokan berlebihan, menjadi kusam dari pengaruh internal.

Ada beberapa sebab lain yang mungkin menyebabkan bulu anjing tidak sehat dan susah panjang, yaitu gangguan kesehatan. Umumnya penyakit yang dialami mereka dapat berbentuk reaksi dari stres atau penyakit kronis yang tidak ditangani secara medis.

Mungkin sebagian dari pemilik anjing jarang menduga, stres yang terjadi pada hewan menjadi sumber utama bulu mereka susah bagus.

Kemungkinan lain bisa juga karena penyakit atau ketidakseimbangan hormon, gangguan pencernaan sehingga nutrisi tidak tersalur dengan baik, cacingan dan penyakit yang ada hubungan dengan kulit.

Apa yang bisa Anda lakukan ?

Ada banyak penyebab yang bisa menjadi akar masalah dibalik bulu tidak sehat dan susah panjang. Cara yang paling tepat berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat di tempat Anda.

Umumnya dokter hewan mudah mendiagnosa kemungkinan bulu anjing tidak sehat dan merekomendasikan beberapa obat untuk penyembuhan.

Namun cara lain bisa juga Anda terapkan untuk hewan peliharaan tersebut, misalnya mulai memberikan waktu untuk perawatan rutin.

Perawatan rutin sangat perlu mendorong mantel bulu menjadi sehat sekaligus menghilangkan masalah kerontokan.

Beberapa cara merawat bulu anjing sehat dan lebat. diantaranya:

  • membiasakan hewan peliharaan mandi pada waktu tertentu. Ras anjing memiliki waktu mandi yang tidak sama. Umumnya ras dengan ciri bulu panjang lebih memerlukan periode lebih sering dibanding berbulu pendek.
  • menyisir bulu anjing setelah mandi dengan sisir khusus perlu dilakukan untuk membuang sisa bulu yang rontok dan memeriksa keadaan kulitnya apakah terdapat masalah kulit.
  • mengobati penyakit kulit dengan bahan yang ramah untuk hewan dan mendapat rekomendasi dokter hewan.
  • memberikan vitamin yang direkomendasikan dan cocok untuk hewan.
  • menggunakan sampo khusus anjing. Disarankan tidak memakai sampo manusia karena pH berbeda dan pada beberapa ras anjing rumahan bisa menyebabkan iritasi kulit dan resiko lainnya.

Cara merawat bulu anjing agar lebat dan sehat tidak begitu sulit jika Anda meluangkan waktu memperhatikan nutrisi makanan seimbang untuk mereka. Anjing yang sehat secara rata-rata lebih fokus pada pakan dan vitamin tertentu untuk mendorong pertumbuhan mantel bulu makin cepat. Sementara kondisi spesifik pada anjing yang sakit dan malnutrisi, lebih diprioritaskan penyembuhannya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x