Mohon tunggu...
Canrianto
Canrianto Mohon Tunggu... Guru - Semangat

Jangan Menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

3.3 Aksi Nyata-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

16 Oktober 2021   21:11 Diperbarui: 16 Oktober 2021   21:12 134 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Oktober  15, 2021

ARTIKEL REFLEKSI

GERAKAN SABTU BERSIH

CANRIANTO, S.Pd-CGP Angkatan 2-SDN 10 TALANG MUANDAU

A. PERISTIWA (FACTS)

1. LATAR BELAKANG

Indonesia memiliki keberagaman dalam hal suku bangsa, bahasa, budaya, adat dan kebiasaan, bahkan agama dan kepercayaan. Selain itu, sebagai bagian dari dunia global, Indonesia juga mendapat pengaruh budaya dari berbagai negara sebagai dampak dari hubungan kerja sama yang dibangun. Akibatnya, keberagaman yang sudah ada, yang dibawa oleh tiap-tiap suku bangsa di Indonesia menjadi semakin kompleks dengan masuknya pengaruh global. Oleh karena itu, kegiatan sabtu bersih merupakan salah satu kegiatan yang membangkitkan sikap peduli lingkungan dan sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diberikan, perlu di terapkan dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Kegiatan sabtu bersih tidak hanya menyelamatkan dan mengembangkan budaya nasional, tetapi juga membangun identitas bangsa Indonesia di tengah masyarakat global.

Gerakan sabtu bersih adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti murid yang bertujuan agar murid memiliki budaya peduli lingkungan dan tanggung jawab sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Gerakan sabtu bersih adalah kemampuan memahami dan berpartisipasi dalam suatu budayanya sendiri serta bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Kegiatan ini juga memiliki kemampuan dalam mencari dan menggali informasi yang terdapat dalam budaya.

Gerakan sabtu bersih ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan peduli lingkungan yang dilakukan dengan kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan setiap hri sabtu.

2. KEGIATAN PADA AKSI NYATA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan