Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hidup Sehat dengan Minum Air Hangat Beraroma Daun Pandan Setiap Pagi

15 Juni 2019   06:55 Diperbarui: 15 Juni 2019   07:01 0 8 2 Mohon Tunggu...
Hidup Sehat dengan Minum Air Hangat Beraroma Daun Pandan Setiap Pagi
Ilustrasi minum air hangat di pagi hari saat perut kosong | FOTO: aladokter.com

Pola hidup sehat tidak dapat dijalankan begitu saja oleh siapapun bila tidak pernah dimulai. Cara hidup dengan pola hidup sehat dapat dengan mudah dilakukan bila hal itu menjadi kebiasaan dan kebutuhan seseorang. Karena itu kita perlu membiasakan diri untuk hidup sehat setiap harinya.

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan meminum air hangat setiap pagi. Air hangat tersebut adalah hangat putih atau air mineral biasa yang direbus dengan daun pandan pada suhu 80 derjat celcius.

Dengan minum air putih hangat yang direbus daun pandan setiap pagi sebelum sarapan atau dalam keadaan perut kosong ternyata memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa manfaat minum air hangat saat perut kosong ternyata lebih optimal bagi kesehatan.

Daun pandan mudah ditemui dan memiliki berbagai khasiat. Biasanya digunakan untuk resep masakan, khususnya hidangan kue atau camilan sebagai pewarna dan pewangi. Namun pandan juga sangat bagus digunakan sebagai minuman karena rasa dan aromanya yang khas.

Manfaat air pandan bagi kesehatan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, sehingga dapat menjaga seseorang dari ancaman stroke. Daun pandan juga dapat membuat perasaan jadi lebih rileks dapat mengatasi stress.

Minum air rebusan daun pandan juga bisa mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Rebuslah 3 lembar daun pandan dengan satu liter air lalu diminum seperti biasa setiap pagi.

Dan yang lebih dahsyat air putih rebusan daun pandan hangat bisa menteralisir racun dalam tubuh. Sehingga akan membersihkan atau detoksifikasi pada organ khususnya hati. Termasuk dapat membantu alat pencernaan agar berfungsi lebih baik.

Dalam tradisi masyarakat Aceh memasak air sampai mendidih dengan menambahkan beberapa helai daun pandan sudah dilakukan sejak lama dan turun temurun. Bahkan pada awal-awal munculnya air isi ulang, masyarakat tidak berminat sama sekali untuk mengkonsumsi air yang diproses dengan mesin penyaringan itu.

Apalagi masyarakat di desa-desa yang sudah lama tertanam tradisi merebus air sampai mendidih lalu menjadi air hangat lebih sehat untuk diminum daripada air yang dipanaskan menggunakan dispenser atau teknologi pemanas lainnya.

Alasan sebagian masyarakat barangkali logis juga karena terbukti dengan meminum air hangat setiap pagi membuat tubuh mereka terasa segar sepanjang hari, dan itulah rahasia agar tubuh tidak rentan masuk angin.

Bisa jadi bahwa hal itu merupakan sebuah mitos. Anggapan air rebus lebih sehat dan air panas dispenser tidak sehat sejauh ini belum ada pembuktian dengan penelitian konkrit. Dengan kata lain keduanya memiliki nilai yang tidak sama. Begitulah persepsi masyarakat yang masih hidup secara tradisional.

Oleh karena itu Anda hendaknya tidak mudah percaya terhadap berbagai informasi yang menyebutkan air hangat dapat mengobati segala penyakit. Selama ini banyak broadcast yang masuk di media chat atau media sosial yang menyebutkan keajaiban air hangat sebagai penyembuh berbagai masalah kesehatan bila rajin meminumnya setiap pagi.

Walaupun tidak seluruhnya salah, namun dari beberapa informasi itu juga ada benarnya. Ada banyak manfaat minum air hangat, namun kebiasaan baik yang tidak sulit dilakukan tersebut juga bukan obat ajaib alias hasilnya tidak bisa instan.

Mulailah hari Anda dengan meminum air hangat di pagi hari. Anda dapat mencampurkan air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis bila suka. Namun, perlu diperhatikan pula suhunya, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh. Semoga ada manfaatnya. (*)