Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peduli Lingkungan, Tutup Botol Aqua Jadi Tas

29 Agustus 2018   21:52 Diperbarui: 29 Agustus 2018   22:28 0 4 2 Mohon Tunggu...
Peduli Lingkungan, Tutup Botol Aqua Jadi Tas
Tas kreatif hasil kerajinan tangan yang terbuat dari tutup botol Aqua yang dirangkaikan. (dokumentasi pribadi)

"orang kreatif memiliki sejuta ide yang mampu menghasilkan jutaan produk".

Begitulah kehebatan orang-orang yang mempunyai daya imajinasi tanpa batas. Dibenak mereka, apapun dapat dibentuk, diubah, dan diolah menjadi sesuatu yang bernilai. 

Kemampuan mengolah rasa, karsa, menjadi sebuah maha karya dalam beragam bentuk, dapat kita katakan sebagai sebuah anugerah luar biasa yang diberikan Tuhan kepadanya. Mengapa luar biasa? Ya, karena tidak semua orang memperoleh potensi itu. 

Begitulah, maka ditangan orang yang kreatif tutup botol air mineral pun bisa menjadi sebuah produk yang cantik dan unik. Ada saja ide yang ditemukan dalam alam imajinasi mereka. Meskipun seakan-akan sederhana bagi sebagian orang, namun bagi saya justru hal ini sangat luar biasa. 

Memang jika dibandingkan dengan tas branded impor negara eropa, tas tutup botol bukanlah apa-apanya. Namun yang menjadi poin adalah tidak terletak pada membandingkan diantara keduanya. Karena memang tidak layak diperbandingkan. 

Semangat mengkreasikan barang-barang bekas atau sampah dari sebuah produk, merupakan bagian dari rasa peduli bagaimana memanfaatkan limbah sampah menjadi barang-barang yang indah dan mengandung seni (estetika). 

Dengan mengumpulkan sebanyak 70 tutup botol minuman air mineral 'aqua', maka tas cantik nan indah pun berhasil diciptakan. 

Ide ini sendiri muncul karena melihat begitu banyak botol (tutup) nya dibuang begitu saja. Sehingga terpikir bagaimana memanfaatkan menjadi lebih bernilai, meskipun saat ini produk tersebut belum layak dijual.

Namun yang lebih penting adalah ide kreatif mengolah limbah sampah, apalagi sampah plastik bisa dilakukan dengan cara kreatif. Sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat dan sekaligus menjadi salah satu strategi dalam kempanye pemanfaatan sampah plastik menjadi "sampah ekonomis".

Kegiatan seperti ini sangat positif untuk dilakukan oleh anak-anak muda. Mereka dapat mewujudkan ide dan inspirasinya menjadi sebuah karya nyata. Bahkan mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang berharga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x