Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Empat Agenda Penting bagi Indonesia di Bulan Agustus 2018

17 Agustus 2018   15:05 Diperbarui: 17 Agustus 2018   19:44 590 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Agenda Penting bagi Indonesia di Bulan Agustus 2018
(Sumber: Kompas/Silvita Agmasari)

Setiap bulan Agustus selalu menjadi saat-saat paling penting dan sangat bermakna bagi bangsa Indonesia. Karena pada bulan tersebut, peristiwa bersejarah selalu diputar ulang pada setiap generasi.

Ya, sejarah bangsa ini dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Hampir 350 tahun bangsa ini dijajah dan diperlakukan sebagai bangsa yang tidak memiliki harkat dan martabat. Hak-haknya dirampas, kekayaan alam negeri dikuras dan dibawa ke negara penjajah.

Waktu itu kehidupan rakyat di Nusantara di bawah penindasan, tidak ada penghormatan terhadap rasa kemanusiaan, tidak ada rasa keadilan. Kondisi dan situasi seperti itu dirasakan selama 3,5 abad oleh mereka yang dengan tekad bulat mempertahankan tanah airnya. Menderita dan terhina.

Namun kini, nikmat kemerdekaan dan kebebasan telah berhasil dihadirkan kehadapan anak bangsa. Berkat rahmat Allah SWT dan dengan perjuangan luhur para pahlawan serta anak-anak bangsa, maka telah sampailah Indonesia di pintu gerbang kemerdekaannya.

Dengan kemerdekaan itulah kemudian bangsa Indonesia memiliki modal untuk memperjuangkan hak-hak rakyatnya. Memberikan kesejahteraan dan penghormatan dalam kesetaraan. Menjalankan tujuan pendiri bangsa, mencerdaskan seluruh rakyat, berupaya meningkatkan harkat dan martabat Indonesia dalam pergaulan dunia.

Begitulah makna kemerdekaan sejatinya harus dijalankan oleh seluruh bangsa ini. Terlebih kepada para pemegang kekuasaan, hendaknya mampu meneruskan cita-cita pendiri bangsa dan harapan seluruh rakyat di penjuru nusantara.

Nah, begitulah salah satu alasan penting mengapa bulan Agustus begitu istimewa bagi Bangsa Indonesia. Dapatlah kita katakan bulan tersebut sebagai bulan yang sangat sakral bagi kita. Namun pada tahun 2018 justru bulan Agustus bukan hanya sangat istimewa, namun ada peristiwa lainnya yang juga sangat istimewa, apakah itu?

Deklarasi Bakal Calon Presiden dan Bakal Calon Wakil Presiden

Seperti diketahui bahwa bangsa indonesia dalam waktu yang tidak lama lagi akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan. Ya, pemilihan presiden sebagai pesta demokrasi yang diamanahkan oleh konstitusi.

Melalui ajang tersebut suksesi pergantian presiden dilakukan dengan mekanisme pemungutan suara rakyat. Dengan sistem demokrasi itu diharapkan seluruh kepentingan bangsa dalam mengisi kemerdekaan bisa terakomodir.

Alhamdulillah, tepatnya pada hari Kamis, 9 Agustus 2018, dua pasang bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden berhasil dideklarasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x