Mohon tunggu...
Candu Tekno
Candu Tekno Mohon Tunggu... Nothing.

Pecandu Teknologi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ini Dia Pengertian SEO yang Wajib Kalian Ketahui

12 Juni 2019   14:29 Diperbarui: 12 Juni 2019   14:47 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ini Dia Pengertian SEO yang Wajib Kalian Ketahui
Sumber ilustrasi :www.searchenginejournal.com

Bagi kalian yang sedang belajar dunia digital marketing, pasti sering melihat kata SEO atau Search Engine Optimization.

Sebenarnya apa sih SEO itu? Fungsinya untuk apa? Lalu apa saja manfaat yang dihasilkan dari SEO? Dan hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam SEO?

Nah, bagi kalian yang masih bertanya-tanya dan penasaran tentang SEO silahkan baca artikel ini sampai habis ya, karena disini saya akan menjelaskannya kepada kalian Tentang SEO secara lengkap.

Belajar SEO Sangat penting bagi kalian yang sedang mendalami dunia digital marketing, hal ini akan menambah ilmu pengetahuan kalian.

1.Pengertian SEO

Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) Adalah sebuah proses terstruktur untuk Meningkatkan Visibilitas suatu website dihalaman mesin pencari dengan kata kunci yang sudah ditarget.

Secara singkat SEO adalah kegiatan yang akan membuat website kalian tampil di halaman pertama google, Kegiatan dari SEO Sendiri memperhatikan dari Segi faktor algoritma mesin pencari google.

SEO Sendiri dibagi menjadi 2 macam teknik yaitu SEO On Page dan SEO Off Page, kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain, jadi saat kita akan mengoptimasi sebuah website jangan sampai saat menggunakan tekniknya kita berat sebelah.

Didalam internet sendiri tersebar banyak informasi yang mustahil bisa kita temukan tanpa menggunakan mesin pencari seperti Google, maka dari itu google selalu menguptade Algoritma yang dimiliki mesin pencarinya agar hasil pencarian lebih relevan dan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Tujuan utama dari SEO Sendiri adalah menjadikan website kalian nomor 1 dihalaman hasil pencarian google dengan kata kunci yang kalian target sebelumnya.

2.Fungsi SEO

SEO Sendiri memiliki 2 Fungsi yaitu sebagai indeksasi dokumen yang ada di www dan menyediakan hasil jawaban dari query pencarian.

Hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari google memang sesuai dengan kata kunci yang dicari pengguna. Jadi pengguna mesin pencari akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan apa yang mereka ketik.

Seiring berjalannya waktu google seringkali mengupdate algoritma mesin pencariannya, hal ini bertujuan agar hasil pencarian lebih relevan lagi sesuai dengan kata kunci yang pengguna cari.

3.Manfaat dari SEO

Sumber ilustrasi : blog.sribu.com
Sumber ilustrasi : blog.sribu.com

Dibawah ini manfaat dari SEO yang bisa kalian dapatkan jika melakukan optimasi SEO dengan baik dan benar.

a.Branding

Dengan SEO kalian bisa meningkatkan popularitas dan otoritas website kalian, sehingga mudah dikenal dan dicari oleh pengguna.

Selain itu hal ini juga bermanfaat bagi kalian yang melakukan bisnis toko online, produk kalian akan dapat dengan mudah diingat oleh audience dan berpotensi terjadinya next order.

Dan bagi kalian yang menjalankan blog pribadi, blog kalian dapat dengan mudah diingat dan dijadikan acuan atau referensi dibidangnya dengan catatan konten kalian berkualitas dan isinya bagus.

b.Mendapatkan Trafik Berkualitas

Dengan SEO kita bisa mendapatkan trafik potensial yang berkualitas, semakin banyak konten kita yang muncul dihalaman pertama google maka semakin banyak juga pengunjung yang akan kita dapatkan.

Terkhusus bagi kalian para pelaku usaha online, jika seseorang puas dengan barang yang anda jual maka dia akan mempromosikan dari mulut ke mulut tentang barang anda.

Maka dari itu pastikan konten yang kalian sediakan selalu menarik dan berkualitas, agar kepuasan pengunjung juga terjaga sehingga trafik kalian tetap stabil.

c.SEO itu Gratis!

Hasil dari pencarian yang ada dimesin pencari ditentukan oleh algoritma milik google, jadi jika ada halaman website kalian yang masuk peringkat pertama di hasih pencarian, berarti website kalian telah dianggap relevan oleh algoritma google dengan kata kunci yang ada.

SEO Sendiri pada dasarnya gratis, kalian hanya perlu menulis konten yang bagus dan berkualitas lalu mengoptimasinya dengan teknik SEO yang ada, Namun walaupun Gratis hasil dari SEO itu tidak instan, kalian memerlukan waktu saat ingin menikmati hasil dari SEO.

Entah itu sebulan atau bahkan bertahun, maka dari itu jangan pernah berhenti belajar tentang SEO, apalagi soal algoritma google.

4.Hal yang Perlu Kalian Perhatikan dalam SEO

Sumber ilustrasi : sintesa.net/belajar-seo
Sumber ilustrasi : sintesa.net/belajar-seo

Dalam mempelajari SEO dan mengoptimasinya ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu.

a.Kompetitor

Saat kalian belajar SEO, kalian harus bisa menilai Kompetitor kalian, semakin banyak bisnis atau usaha yang muncul dihalaman pertama google.

Lalu semakin tinggi pencarian pada kata kunci tersebut maka Semakin berat pula persaingan yang ada,  dan dari sinilah strategi SEO kalian akan berguna.

Maka dari itu buatlah strategi SEO yang matang agar kalian bisa menghadapi Kompetitor kalian dengan baik.

b.Website

Website adalah senjata utama kalian saat berhadapan dengan Kompetitor, maka dari itu pastikan website kalian tampil lebih baik dari mereka.

Perhatikan user experience dan User Interfacenya, gunakan tampilan yang bisa diterima orang banyak dan simple sehingga pengunjung kalian tidak akan kesulitan saat mengakses konten yang ada diwebsite kalian.

Perhatikan pula navigasi yang website kalian miliki.

c.Strategi SEO

Seperti yang saya katakana diatas, strategi SEO sangat penting dalam menghadapi Kompetitor kalian dan Dibutuhkan strategi SEO yang matang agar optimasi SEO kalian berjalan dengan lancar.

Maka dari itu buatlah strategi SEO yang baik dan benar, agar hasil dari optimasi SEO website kalian juga maksimal.

5.Kesimpulan

Optimasi SEO sangat penting apalagi bagi kalian para pebisnis yang memiliki usaha secara online, karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi. Tentu saja hal ini bisa kalian manfaatkan untuk bisnis kalian bukan?

Agar produk yang kalian miliki lebih dikenal masyarakat dan usaha kalian lebih terlihat professional karena memiliki website.

Buatlah Konten yang menarik dan berkualitas untuk website kalian, agar pengunjung betah. Utamakan kenyamanan pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2