Mohon tunggu...
Candra Alfianzhaki
Candra Alfianzhaki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Sosial Masyarakat Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang

5 Desember 2021   17:11 Diperbarui: 5 Desember 2021   17:23 85 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan sosial terjadi karena beberapa faktor yaitu internal dan eksternal, faktor internal yaitu dikarenakan struktural masyarakat terhadap turunnya harga dari sembako sehingga petani menjual bahan baku ke pabrik dengan harga yang mahal. 

Faktor eksternal yaitu adanya pengaruh dari budaya luar yang membuat masyarakat setempat tidak mau ketinggalan kemajuan dengan daerah lain. 

Faktor kemajuan teknologi juga mempengaruhi perubahan sosial terhadap masyarakat, bagaimana tidak karena hanya menggunakan smartphone kita dapat mengakses apapun yang terdapat didunia ini.

Menurut saya, perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang akan terjadi dikarenakan suatu hal yang membuat masyarakat suatu daerah meninggalkan kebiasaan lama dan memakai kebiasaan baru dengan waktu yang cepat ataupun lambat. 

Perubahan sosial dipengaruhi oleh adanya budaya baru yang masuk ke daerah tertentu yang membuat masyarakat daerah tersebut menggunakan atau mengadopsi budaya tersebut menjadi budaya mereka. 

Dari budaya yang masuk hingga mengadopsi budaya tersebut masyarakat secara tidak langsung menggunakan sistem modernisasi yang dimana masyarakat tersebut melakukan perubahan wujud atau transformasi secara menyeluruh terhadap kehidupan dalam masyarakat yang bersifat tradisional ke modern seperti zaman sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan