Mohon tunggu...
Candita Reksa Ryadi
Candita Reksa Ryadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UPI 2021

KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Peningkatan Kualitas Belajar di SDN 048 Sirnamanah dengan Media Pembelajaran

29 Juli 2021   11:48 Diperbarui: 29 Juli 2021   12:43 62 1 0 Mohon Tunggu...

Penyakit virus corona atau COVID -- 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia.

 Penyebaran utama virus corona baru ini adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.

Dilakukannya pembelajaran daring yang diakibatkan oleh terus meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia dilaksanakan setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada Selasa, 24 Maret 2020, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona dengan mengganti sistem dalam jaringan (daring) rumah.

Jika dilihat dari KBBI Kemendikbud, daring adalah akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Dilansir dari berbagai sumber, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa kini melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, termasuk pada saat pemberian tugas. 

Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Management System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, WhatsApp, dan lainnya.

Namun, dalam kenyataannya proses pembelajaran secara daring mengalami banyak kendala untuk bisa terlaksana dengan baik. Kendala tersebut berasal dari banyak pihak, seperti kesulitan mengaplikasikan aplikasi pembelajaran, tidak stabilnya jaringan, ketidaksiapan mental orang tua dan peserta didik, dan juga guru yang mengalami kesulitan karena tidak biasa melaksanakan pembelajaran secara daring.

Kesulitan pun dialami oleh guru -- guru di SDN 048 Sirnamanah, kendala yang dihadapi oleh guru ialah kejenuhan peserta didik dalam menjalani pembelajaran daring. Sejauh ini proses pembelajaran dilakukan dengan mengirimkan materi-materi yang akan dipelajari disertai dengan voice note berisikan penjelasan oleh guru yang bersangkutan.

Dalam program KKN yang dilaksanakan mahasiswa UPI sejak tanggal 12 Juli 2021 sampai 31 Juli 2021, untuk pembimbingan terhadap guru difokuskan dengan membantu Guru mengoperasikan aplikasi untuk pembelajaran daring. Mulai dari cara mengoperasikan aplikasi Zoom Meetings, Google Meet, dan Quizziz. Untuk membuat media pembelajaran, mahasiswa melatih guru dengan membuat power point dengan animasi dan template yang menarik. 

Kemudian, memanfaatkan aplikasi Zoom Meetings untuk membuat video pembelajaran interaktif dimana guru menjelaskan tanpa siswa yang bergabung, namun kegiatan tersebut di record untuk kemudian dikirimkan kepada peserta didik. Hal ini dilakukan karena tidak semua peserta didik memiliki kuota untuk selalu ikut bergabung bila pembelajaran terus dilaksanakan menggunakan aplikasi pembelajaran online.  

Dengan pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada guru di SDN 048 Sirnamanah, diharapkan proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti disertai dengan semangat belajar dari peserta didik untuk meningkatkan kualitas belajar daring di SDN 048 Sirnamanah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x