Mohon tunggu...
camelia nova
camelia nova Mohon Tunggu... bismillah untuk memulai apapun

allah bless us

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ukhwah Islamiyah, Ukhwah Wahtoniyah, dan Ukhwah Insaniyah

17 April 2021   10:43 Diperbarui: 17 April 2021   10:47 98 1 0 Mohon Tunggu...

Ukhwah Islamiyah, ukhwah basyariah, dan ukhwah wahtoniah

Sebelum mengetehaui makna ukhwah perlu kita ketahui bahwa ukhwah memiliki relevansi dengan aqidah dan akhalak. Aqidah sering dikenail dengan pengertian bahwa aqidah adalah dasar-dasr keimanan seseorang yang bersumber dari ajaran islam. Adapun pengertian akhlak adalah perilaku tau sikap seseorang yang sudah melekat dalam dirinya. Jika direlevansikan aqidah akhlak dengan ukhwah ini maka tentu keduanya berperan karna keduanya mempunyai kekuatan dan pengaruh dalam keutuhan hubungan seseorang dan kejayaan umat. Ukhwah menjadi penompang dan penguat menjadi umat yang kuat, jika dikaitkan dengan iman dan taqwa.

Ukhwah adalah sebuah karunia Allah yang diberikan kepada umatnya yang pernuh dengan ikhlas dan dengan orang-orang pilihan. Sebagain makhluk sosial manusia adalah makklhuk yang saling membutuhkan bantuan satu sama yang lainnya, manusia juga tidak termasuk makhluk yang dapat hidup sendiri. Oleh karena itu dalam konteks kehidupan dinamakan sebagai ukhuwah atau "persaudaraan " yang dapat dibangun sebagai slah satu kebutuhan alat untuk bersosialisasi dengan sesama. 

Selain kita mengenal ukhuwah sebagai persaudaraan kita juga dapat mengetahui bahwa dalam islma mengajarkan kepada kita semua unutk membangun habbluminallah sebagai hubungan manusia dengan allah contohnya adalah ibadah atau menjalankan perintah-NYA. Selain itu kita kaitkan dengan habbluminannass, yaitu hubungan manusia dengan sesame manusia contohnya saling membantu satu sama lain, tolong menolong dalam kebaikan dan yang lain-lain, sehingga dengan habbuluminnass ini bisa membagunn ukhuwah yang kuat dalam manusia. Banyak bermacam-macam makna dari kata ukhwah yaitu artinya pengikat, tali, atau ikatan yang mengikat satu orang atau melbih unutk membangun persaudara yang bisa berasal dari keturunan, suku, agama/seiman , dan juga bisa berasal dari budaya yang senegara/sebnagsa berbeda.

Dalam al-quran allah berfirman yang mengatur bagaimana umat islam berhubungan  baik dengan yang lain yang, seperti dalam surat al-hujarat ayat 10  yang berbunyi:

"Innamal-mu `minuna ikhwatun fa aslihu baina akhawaikum wattaqullaha la'allakum tur-hamun"

" orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersuadara. Sebab damaikanlah (perbaikilah hubungan) dengan saudaramu itu dan takutlah kepada allah, supaya kamu mendapatkan rahmat."

Dalam firman allah yang diatas mengajarkan untuk kita selalu berhubungan baik membangun ukhwah, karna dengan itu allah akan memberikan kita rahmat-NYA.

Dalam sebuah hadis yang berbunyi " seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan" HR BUKHORI DAN MUSLIM

Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin yang selalu membawa kedamain dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai umat nya harus mampu menjaga ukhwah itu. Seperti ukhwah Islamiyah, ukhwah basyariyah, ukhwah wathoniah. Yang mana mereka mempunyai makna yang berbeda. Berikut penjelasan yang berbeda dari ketiganya;

  • Ukhwah Islamiyah

Istialh ukhwah sudah sering dengar oleh masyarakat. Ukhwah tidak hanya sekedar makna persaudaraan saja tetapi mempunya makna yang mendalam jika kita kaji dan terapkan, sehingga bisa menumbuhhkan kasih sayang dengan sesama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN