Mohon tunggu...
CALVINE HADIKUSUMA
CALVINE HADIKUSUMA Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Pajak, Pengacara Pajak dan Akuntan Professional

-

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

NIK Resmi jadi NPWP! Era Baru Single Identification Number (SIN) di Indonesia

25 Juli 2022   22:52 Diperbarui: 25 Juli 2022   23:06 151 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Selasa 19 Juli 2022, Era Baru Single Identification Number(SIN) Direktorat Jenderal Pajak resmi merilis aturan pajak PMK  112/PMK.03/2022 tentang Nomor Pokok Wajib Pajak bagi wajib orang pribadi, wajib pajak badan, dan wajib pajak intansi pemerintah. 

Sebagai salah satu wujud cita-cita reformasi perpajakan yang terus dilakukan oleh pemerintah saat ini, mengupayakan intergrasi data dan kemudahan birokrasi pemerintah. mulai tahun 2016 DJP sudah menggunakan TADAT (The Tax Administration Diagnostic Assessment Tool). Tadat dirancang untuk memberikan informasi dan assessment bagi otoritas pajak di dunia. 

Ultimate goal dari reformasi perpajakan tentunya tujuan terwujudnya voluntary complaince dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak. sehingga membuat roadmap pengembangan sistem inti administrasi perpajakan. 

NIK akan digunakan kedepanya sebagai nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas dan diberikan melalui proses verifikasi atau validasi biometric. dan akan di gunakan sebagai intergrasi data financial dan non-financial wajib pajak orang pribadi. 

Upaya mendukung program pemerintah reformasi perpajakan dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian dari program dan kebijakan fiskal pemerintah, sampai dengan tanggal 31 Desember 2023, NPWP format baru masih digunakan pada layanan administrasi perpajakan secara terbatas, salah satunya untuk dapat loginke aplikasi 


A. Wajib Pajak Lama 

- bagi wajib pajak orang pribadi yang merupakan penduduk, NIK sudah mulai berfungsi sebagai NPWP Format baru. dan DJP akan  melakukan klarifikasi bagi NIK yang status nya belum valid melalui DJP Online, Email, Kring Pajak, dan saluran lainya. 

- bagi wajib pajak badan, tinggal menambahkan 0 di depan NPWP lama atau format 15 Digit

- bagi wajib pajak cabang, akan diberikan nomor identitas tempat kegiatan usaha oleh DJP

B. Wajib Pajak Baru
-bagi wajib pajak orang pribadi yang merupakan penduduk, NIK nya akan diaktivasi sebagai NPWP melalui permohonan pendaftaran oleh wajib pajak sendiri atau jabatan.

-bagi wajib pajak badan/intansi pemerintah/orangpribadi selain penduduk, akan diberikan NPWP dengan format 16 digit melalui permohonan pendaftaran oleh wajib pajak sendiri atau secara jabatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan