Mohon tunggu...
Cakra Mandala
Cakra Mandala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa D4 - Teknik Infrastruktur Sipil & Perancangan Arsitektur

KKN TIM II UNDIP Periode 2022 Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Telah Lama Vakum, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Mengaktifkan Kembali Karang Taruna RW 04 Kelurahan Ngijo

14 Agustus 2022   10:52 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:56 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (14/08/2022), Karang Taruna merupakan Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa atau kelurahan. Namun di RW.04 Kelurahan Ngijo sendiri belum ada organisasi tersebut dikarenakan telah lama vakum dan belum ada inisiatif untuk membentuk kembali wadah para pemuda tersebut. Oleh karena itu, kami Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berinisiatif untuk membentuk Kembali Karang Taruna di RW.04 Kelurahan Ngijo.

Sebelum dimulainya kegiatan ini, perlu dilakukan survey mengenai para remaja yang ada di RW.04 ini untuk diundang disuatu acara atau kegiatan sebagai bentuk perkenalan dan nantinya akan dibentuk kembali struktur organisasi Karang Taruna RW.04 Kelurahan Ngijo.

Pada pertemuan pertama, para remaja diberikan sosialisasi mengenai apa itu Karang Taruna dan apa pentingnya dibentuknya Karang Taruna untuk remaja dan masyarakat. Selain itu para remaja diajak untuk saling berkenalan satu sama lain agar lebih terjalin keakraban.

Dokpri
Dokpri

Selanjutnya di pertemuan kedua, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 kami Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 berencana untuk mengadakan Lomba 17-an untuk para remaja Karang Taruna RW.04 Kelurahan Ngijo yang akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 17 Agustus 2022.

Dokpri
Dokpri

Lalu dipertemuan terakhir, dalam upaya memberikan edukasi mengenai bahaya dari narkoba terhadap masa depan para remaja, kami Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 berencana untuk melakukan penyuluhan penyalahgunaan narkoba kepada remaja di RW.04 Kelurahan Ngijo.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan ini di latar belakangi karena maraknya kasus-kasus penggunaan narkoba oleh pemuda yang diharapkan akan menjadi penerus bangsa. Dan obat-obatan tersebut menjadi momok penghancur generasi muda dan merupakan suatu ekosistem yang buruk. Selain itu, yang menjadi perhatian khusus adalah remaja yang usianya rentan untuk terpengaruh dan sangat disayangkan jika masa depan mereka harus sirna karena kasus penyalahgunaan narkoba. Dalam mencegah terjadinya kasus tersebut perlu adanya pencegahan seperti edukasi terhadap para pemuda di RW.04 Kelurahan Ngijo, Karang Taruna sebagai wadah para pemuda dirasa perlu untuk diberikan edukasi mengenai bahaya yang ditimbulkan akibat narkoba.

Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman rumah Bapak Ketua RT.02/RW.04 Kelurahan Ngijo yang diikuti oleh pemuda karang taruna aktif di RW.04 Kelurahan Ngijo. Dari terlaksanakannya semua kegiatan untuk Karang Taruna, banyak mendapat dukungan dan ucapan terimakasih dari masyarakat khususnya Bapak Ketua RT.02/RW.04 Kelurahan Ngijo atas dibantunya dalam membentuk kembali Karang Taruna yang sudah lama vakum dan atas semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022. Dengan adanya edukasi dan semua kegiatan yang telah dilaksanakan, diharapkan untuk semua masyarakat dan khususnya anak muda Karang Taruna RW.04 untuk turut mengambil andil dalam melawan narkoba dan terus aktif dalam kegiatan Karang Taruna kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan