Mohon tunggu...
Cakra Union
Cakra Union Mohon Tunggu... Mahasiswa - Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 2) Universitas Negeri Malang

Kelompok modul nusantara yang beranggotakan 19 orang mahasiswa/i dari berbagai almamater mulai sabang hingga merauke. Bersatu dalam perbedaan demi negeri tercinta Indonesia. Saling merangkul untuk mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Bertukar sementara, bermakna selamanya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Wisata Pujon Kidul, Sang Desa Unggul Pusat Olahan Susu

12 Oktober 2022   20:02 Diperbarui: 12 Oktober 2022   20:11 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ket: Pusat Olahan Susu Pukid, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang (Dokpri)

Pujon Kidul adalah sebuah desa wisata di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Desa ini merupakan desa terbesar di Indonesia. 

Suatu kebanggaan bagi tim Modul Nusantara Cakraunion dapat mengunjungi Desa Pujon Kidul, Kampung Susu, lebih tepatnya di "Pusat Olahan Susu Pukid".

Mayoritas mata pencaharian warga kampung ini adalah sebagai petani dan peternak. Berkat kegigihan mereka, perkembangan kampung ini dalam satu hari bisa menghasilkan 150 ton susu sapi murni yang dihasilkan dari puluhan ribu sapi ternak yang dipelihara.

Hasil dari susu sapi ini tidak hanya digunakan untuk membuat susu sapi murni dengan berbagai rasa, namun terdapat juga berbagai macam olahan dari susu sapi pukid, seperti permen susu, keripik, yoghurt, stik susu dan masih banyak lagi.

Bahkan kami juga diajak untuk berkunjung ke kandang sapi yang diternak oleh warga. Namun sayangnya, takdir belum berpihak pada kami untuk melakukan pemerahan susu sapi secara langsung.

Tanpa berkecil hati kami pun diajak untuk melihat dan mencoba bagaimana proses pembuatan permen susu, salah satu produk dari olahan susu sapi yang diajarkan oleh Ibu Mutiani selaku penanggung jawab sekaligus teknisi dapur dari Pusat Olahan Susu Pukid.

Kemudian muncul pertanyaan mengapa kampung ini bisa berkembang pesat sehingga kami beri julukan sang Desa Unggul. Amirul Mutaqin, selaku pengelola Pusat Olahan Susu Pukid, mengatakan bahwa perkembangan pesat ini terjadi karena mereka dengan 'terpaksa' menerapkan mindset entrepreneur.

Mindset entrepreneur tercermin dari 4 pilar, yakni 1) Pelaku, 2) Produk, 3) Pemerintah, 4) Pasar. Dimana semua pilar ini saling berkaitan satu sama lain dan saling mendukung untuk menjadi pilar yang kuat menuju entrepreneur yang berhasil.

Untuk mengakhiri kegiatan kami di sore hari, kami pun diajak untuk memanjakan mata dan melepas penat di salah satu destinasi wisata terkenal di Pujon Kidul, yaitu Kafe sawah.

Menikmati pemandangan perbukitan yang dihiasi kabut dan rintikan hujan sembari berswafoto ria menambah kenangan manis yang terpatri dalam memori kami di Pujon Kidul.

Ket: Tim Modul Nusantara Cakraunion Sambangi Kafe Sawah, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang (Dokpri)
Ket: Tim Modul Nusantara Cakraunion Sambangi Kafe Sawah, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun