Mohon tunggu...
Cakra Union
Cakra Union Mohon Tunggu... Mahasiswa - Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 2) Universitas Negeri Malang

Kelompok modul nusantara yang beranggotakan 19 orang mahasiswa/i dari berbagai almamater mulai sabang hingga merauke. Bersatu dalam perbedaan demi negeri tercinta Indonesia. Saling merangkul untuk mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Bertukar sementara, bermakna selamanya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cakraunion Belajar Karawitan Seni Mataraman [Edisi 2]

6 Oktober 2022   05:37 Diperbarui: 6 Oktober 2022   05:48 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ket: Belajar Karawitan Seni Mataraman di Desa Pagelaran. Dokpri

Pekan ini, tim modul nusantara Cakraunion berkunjung ke Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kami sangat menikmati perjalanan dengan suguhan panorama hamparan sawah nan hijau sembari bernyanyi bersama.

Saat tiba di desa tujuan, kami disambut hangat oleh penduduk setempat, tokoh masyarakat beserta mahasiswa/i Universitas Negeri Malang (UM) yang tengah melaksanakan kegiatan KKN di desa ini.

Agenda kali ini, kami belajar seni karawitan khas Jawa Timur diantaranya alat musik kendang, gong, kenong, kempul, kempyang, saron, dsb.

Pada karawitan jawa dikenal istilah notasi kepadian alias bukan "do re mi fa sol" melainkan "ji ro lu mo nem" untuk jenis nada slendro.

Di samping itu, jenis nada pelog notasi angkanya mulai angka satu sampai tujuh. Jadi perbedaannya, nada slendro tidak ada angka empat dan tujuh. Notasinya adalah "ji ro lu pat mo nem pi".

Semua instrumen tersebut akan menciptakan rangkaian kalimat saat ditabuh dan tergantung bagaimana kita memainkannya agar membentuk keselarasan yang padu.

Selanjutnya, kami dipersilakan untuk belajar bersama bagaimana menabuh instrumen dengan baik dan benar. Adapun pelajaran yang dapat kami petik adalah kerja sama dan kekompakan sangat menentukan keselarasan alunan.

Ket: Sesi Foto Bersama. Dokpri
Ket: Sesi Foto Bersama. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan