Mohon tunggu...
Cak Bro Cak Bro
Cak Bro Cak Bro Mohon Tunggu... Administrasi - Bagian dari Butiran debu Di Bumi pertiwi

Menumpahkan barisan Kata yang muncul di Pikiran

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Praktis Menjadi Suasana Kerja Menjadi Nyaman

19 Januari 2022   09:08 Diperbarui: 19 Januari 2022   09:11 91 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pengantar

Pernahkah kita merasa jenuh atau bosan di kantor atau merasa tidak memiliki semangat atau motivasi dalam bekerja?. Mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana caranya kita menyikapi hal tersebut?. 

Namun, ada pula teman kita yang dapat menikmati kerja walau diberikan tugas yang berat sekalipun, dia memiliki semangat kerja tinggi seakan-akan memiliki energi yang tidak habis-habisnya. Apa rahasianya?

Berbagai perangai dan tingkah laku pegawai dalam sebuah organisasi. Ada seseorang yang terlihat biasa-biasa saja atau dapat dikatakan bersikap malas, dia selalu berdiam diri atau kerjanya hanya mengobrol, bekerja jika diperintah oleh atasan, kemudian saat selesai tugas dikerjakan kembali lagi dia berdiam atau mengobrol pada temannya.

Ada pula pegawai yang selalu berkeluh kesah ' bagaimana saya bisa bekerja dengan optimal jika lingkungan kerja tidak nyaman?'. Namun dia tetap saja mengeluh ketika dipindahkan ke bagian lain.

Disisi lain, ada seorang pegawai yang terlihat begitu aktif dan rajin. Dia senang mengerjakan tugas apapun yang diberikan, dia selalu siap menolong orang lain, dia begitu bersemangat bekerja. Apa rahasianya?

A. Mengapa Kita Merasa Lingkungan Kerja Tidak Nyaman?

Sangatlah benar bahwa lingkungan kerja yang nyaman merupakan prasyarat utama agar kita bisa bekerja dengan baik dan optimal. Beragam alasan yang menjadi penyebab lingkungan kerja menjadi tidak nyaman, antara lain : suasana pertemanan, atasan yang tidak adil, sistem atau prosedur kerja yang tidak sesuai dengan keinginan kita. 

Ada pula faktor luar yang mempengaruhi lingkungan kerja menjadi tidak nyaman seperti : kondisi keluarga yang tidak harmonis, kondisi jalan yang selalu macet, jarak antara rumah dan kantor yang jauh, bahkan berita miring/negatif tentang kantor kita, dsb.

Lalu jika kita mengalami hal-hal seperti itu apa yang harus kita lakukan atau bagaimana cara menyikapi dengan bijak?, sementara kita tidak memiliki kemampuan untuk mengubah keadaan tersebut. 

Misalnya, haruskah kita membeli rumah baru dan pindah ke daerah yang lebih dekat kantor?, haruskah kita keluar untuk mencari pekerjaan baru sementara usia kita termasuk usia kerja yang tidak bisa bersaing lagi?. Jika halnya demikian, apakah kita harus bertahan seumur hidup untuk bekerja dengan suasana yang tidak nyaman tersebut?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan