Mohon tunggu...
Cahyatul Uviana
Cahyatul Uviana Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Live Your Life

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Penyebab Terjadinya Konflik dalam Negosiasi

21 Oktober 2021   11:21 Diperbarui: 21 Oktober 2021   11:28 214 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketika sedang terkena konflik (Sumber: LinovHR.com)

Konflik bisa terjadi dimana saja dan kapan saja serta tidak memandang siapa saja. Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Tidak ada yang menginginkan adanya sebuah konflik akan tetapi dalam kehidupan seringkali kita sulit menghindarinya. Hal ini juga timbul akibat kita berinteraksi sosial dengan orang lain. Kebanyakan konflik terjadi akibat dari permasalahan yang sepele akan tetapi ketika kita dan lawan bicara kita tidak satu pemikiran dan tidak ada yang mau mengalah konflik bisa menjadi sebuah yang besar. Hal ini terjadi karena di timbulkan akibat sifat manusia yang egois.

Apa Pengertian Konflik?

Sebenarnya banyak definisi tentang konflik itu sendiri, tergantung bagaimana kita melihat dan mengartikannya. Akan tetapi ada satu inti yang bisa kita tarik dari banyaknya definisi yaitu, konflik dilatarbelakangi oleh adanya ketikdakcocokan atau perbedaan dalam tujuan, nilai, budaya dan status masing masing orang. Jika konflik terjadi antara dua orang atau bahkan lebih hal ini disebut dengan konflik organisasi.

Negosiasi dapat menyelesaikan konflik?

Konflik akan segera terselesaikan jika salah satu pihak ada yang ingin mengalah, jika tidak ada satupun? Keadaaan akan semakin runyam dan memanas. Akan tetapi tindakan mengalah pun bukan cara yang terbaik untuk menyelesaikan konflik, karena mereka pasti tidak akan merasa puas dan bisa saja merasa dirugikan. Maka dari itu, kita butuh penengah yang bisa memahami dari sudut pihak manapun dan memikirkan jalan tengahnya agar sebisa mungkin menguntungkan berbagai pihak. Walau kita tahu bahwa sebuah keputusan tidak selalu bisa memuaskan berbagai pihak.

Tindakan yang bisa dilakukan oleh seorang penengah atau pihak yang sedang terkena konflik bisa dengan cara negosiasi. Apa itu negosiasi? Negosiasi itu sendiri sebuah metode yang yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah yang kemudian memperoleh sebuah kesepakatan bersama.

Tetapi justru disaat negoisasi itulah bisa timbul adanya konflik. Pasti kalian bingung, bukan? Konflik bisa diselesaikan dengan cara negosiasi akan tetapi disaat yang bersamaan justru pada saat negosiasi itulah rentan muncul adanya konflik atau bahkan bisa menjadi sebuah pemicu. Hal ini seperti sebuah paradoks.

Konflik di dalam Negosiasi 

Konflik saat negosiasi (Sumber: CoHive.space)
Konflik saat negosiasi (Sumber: CoHive.space)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan