Mohon tunggu...
Cahyani Oktafia
Cahyani Oktafia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Life must go on, don't give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kewajiban Membersihkan Diri

18 Juni 2021   18:21 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:02 31 2 0 Mohon Tunggu...

Merawat diri agar selalu bersih dan suci dari segala najis merupakan salah ajaran Islam. Terutana saat kita akan melakukan ibadah sholat, dimana kita harus bersuci dengan cara berwudhu menggunakan air mengalir.

Rasulullah SAW. bersabda bahwa "sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan"

"Kita juga diciptakan agar tidak suka melihat yang berkebalikan dari keindahan itu. Jadi, Allah berikan kita beberapa isyarat yang sebenarnya peringatan untuk menjaga kebersihan," kata Ustadz Khalid Basalamah dalam Kajian Minhajul Muslim di Masjid At Taqwa, Rawamangun, Jakarta.

Di dalam Islam, pembahasan kebersihan ada bab khusus dalam ilmu fikih. Hal itu meliputi bagaimana cara bersuci atau membersihkan tubuh dari kotoran. "Karena kalau kotornya dalam jiwa tentu dibersihkannya dengan tobat nasuhah. Harus dikombinasikan pula antara kebersihan fisik dam keimanan dalam jiwa seseorang," Lanjut Ustadz Khalid Basalamah

Menurut-nya, Islam perlu memahami tentang taharah. Ustadz Khalid menjelaskan bahwa, taharah memiliki arti membersihkan jasad, seperti mandi, wudhu, dan lainnya. Berdasarkan Al-Qur'an dan sunah, hukum daripada taharah adalah wajib.

Dengan begitu, membersihkan diri bukanlah pilihan, melainkan kewajiban. Ia menghimbau, perlengkapan shalat juga harus dijaga kebersihannya, baik sajadah, mukena, maupun sarung. Berikan yang terbaik untuk Allah, sebab ada pahala tersendiri untuk amalan tersebut. Nabi Muhammad SAW. pun mengingat kan, "Tidak akan diterima sholat yang di lakukan tanpa bersuci dan tidak akan di terima sedekah yang berasal dari harta curian." Karena itu, dia mengungkapkan, semua Muslim harus bersuci, yakni membersihkan jiwa melalui tobat serta membersihkan fisik melalui mandi dan wudhu, sebab kebersihan merupakan sebagian dari iman.

VIDEO PILIHAN