Mohon tunggu...
Bylla Ayu Rosaly
Bylla Ayu Rosaly Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030052

ART LOVER

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Jangan Sebut Dirimu sebagai Penggemar KDrama Kalau Belum Tahu Kata Ini

21 April 2021   23:05 Diperbarui: 21 April 2021   23:34 114 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Sebut Dirimu sebagai Penggemar KDrama Kalau Belum Tahu Kata Ini
Bahasa Korea (dokpri)

Seiring maraknya wabah Kpop di Indonesia, semakin banyak juga peminat KDrama. Apalagi di era pandemi saat ini, dimana orang-orang melakukan aktivitas di dalam rumah. 

Terlebih drama Korea selalu menyajikan genre yang bervariasi sehingga tidak membuat penontonnya cepat bosan. Oleh karena itu bahkan banyak orang yang rela begadang hanya untuk maraton nonton drama Korea kesukaan, baik itu secara online streaming atau nonton melalui TV Nasional yang menayangkan drama Korea. 

Semakin banyak menonton drama Korea juga semakin membuat orang penasaran dan tertarik akan bahasa Korea. Tidak sedikit juga kosakata dalam bahasa Korea yang terasa familiar karena sering diucapkan tokoh dalam drama Korea. 

Berikut beberapa kata yang sering kalian dengar ketika menonton drama Korea yang bisa kalian pelajari.

  • Annyeonghaseyo (안녕하세요)

Bagi para penikmat drama korea, kata yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Annyeonghaseyo merupakan bentuk sapaan dalam bahasa Korea yang berarti 'halo' atau 'hai' jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Annyeonghaseyo adalah salam formal untuk menyapa orang yang dihormati seperti orang yang lebih tua, atau orang dengan jabatan lebih tinggi. 

Orang Korea juga menggunakan bahasa formal kepada orang asing yang baru ditemui. Sedangkan jika sudah saling mengenal dan dekat seperti teman yang seumuran, maka menggunakan salam yang lebih santai yaitu, annyeong (안녕).

  • Saranghae (사랑해)

Saranghae juga merupakan kalimat yang tidak asing lagi bukan hanya bagi penikmat drama Korea, tapi juga yang hanya penikmat musik Kpop karena seringnya kata ini muncul dalam lagu. Bahkan banyak juga orang awam yang tidak tertarik dengan Kpop pun tahu kata populer yang satu ini. Saranghae yang berarti 'aku mencintaimu' ini kerap didengar di drama Korea maupun di lagu-lagu Kpop. 

Dalam bentuk formalnya, kalian bisa menggunakan kalimat saranghaeyo (사랑해요) atau saranghamnida (사랑합니다). Untuk menjawabnya, kalian bisa menjawab dengan, nado saranghae (나도 사랑해) yang artinya 'aku juga mencintaimu'.

  • Jinjja (진짜)

Kata jinjja biasa digunakan dalam pembicaraan kasual atau non formal yang berarti 'sungguh' atau 'benar-benar', itu tergantung dari bagaimana seseorang mengucapkannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x