Mohon tunggu...
Buyung Okita
Buyung Okita Mohon Tunggu... Spesialis Nasi Goreng Babat

Mantan Pembalap Odong-odong

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

3 Langkah Awal untuk Memperbaiki Kesehatan Mental dan Diri

22 Oktober 2020   13:18 Diperbarui: 23 Oktober 2020   13:58 266 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Langkah Awal untuk Memperbaiki Kesehatan Mental dan Diri
Membaca

Saat ini sangat banyak artikel yang membahas mengenai kesehatan baik mental maupun fisikal. Mulai dari artikel atau video untuk "menjadi pribadi yang lebih baik" atau "Menjadi seseorang yang baru" dll. 

Tetapi apakah kita pernah mengalami jika kita melakukan sesuatu secara drastis dan tiba-tiba dengan perubahan yang ekstrim, hasilnya akan cenderung stagnan dan berhenti di tengah jalan ? Hal itu terjadi karena diri kita cenderung melakukan perlawanan terhadap perubahan.

Tubuh kita merespon dengan berbagai bentuk respon. Seperti untuk membangkitkan hobi membaca, kita mulai membaca artikel atau buku bertema serius dan dalam porsi yang besar. 

Alhasil kita akan menjadi bosan dengan membaca buku dengan porsi yang sangat banyak setiap hari. Atau untuk menunjang program diet, kita melakukan olahraga dengan intentsitas berat, sehingga alhasil karena tidak terbiasa dengan pergerakan fisik yang ekstrim tubuh kita menjadi kaku dan mengalami kram otot. 

Lalu apa sebaiknya langkah-langkah awal yang kita lakukan untuk memperbaiki diri kita untuk menunjang keseharian kita menjadi lebih baik?

1. Morning routine

Rutinitas di pagi hari menjadi satu kegiatan yang efektif untuk memulainya. Dengan kita membuat kegiatan rutinitas di pagi hari, akan memudahkan diri kita untuk memperbaiki kebiasaan dan menerapkan hal positif yang baru. 

Morning routine melatih kita menjadi disiplin dan membawa dampak baik bagi diri kita. Karena menjadi satu titik awal kita untuk memulai hari dan lebih siap mempersiapkan aktivitas setelahnya.

Morning routine tidak harus dilakukan dengan hal yang ekstrim. Bisa dimulai dengan men-setting diri untuk bangun Jam 5 Pagi setiap harinya. Kemudian melakukan Ibadah Shubuh atau bermeditasi. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan olahraga ringan selama 10 menit.

Ibadah Shubuh atau bermeditasi tidak hanya dapat mem-boost spiritual dan mental kita. Sedangkan olahraga  menit dapat membantu diri untuk memboost kesehatan fisik dan mental kita juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x