Mohon tunggu...
Nanang Diyanto
Nanang Diyanto Mohon Tunggu... Perawat - Travelling

Perawat yang seneng berkeliling disela rutinitas kerjanya, seneng njepret, seneng kuliner, seneng budaya, seneng landscape, seneng candid, seneng ngampret, seneng dolan ke pesantren tapi bukan santri meski sering mengaku santri wakakakakaka

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Telur Ayam dan Hari Jantung Sedunia 2021

16 Oktober 2021   08:33 Diperbarui: 18 Oktober 2021   18:44 348 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi berkonsultasi ke dokter perihal penyakit jantung dan menjawab mitos soal telur ayam sebagai pertolongan pertama penyakit jantung. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

"Tanya bu dokter, pada orang pingsan pertolongan pertamanya dikasih telur ayam kalau di desa, hal itu benar atau tidak?" Kata salah satu lansia pasien jantung di RSUD dr Harjono Ponorogo saat tanya jawab di Hari Jantung Sedunia 2021 tadi pagi.
dr. Anna Budiarti, Sp.JP., FIHA yang ditanya tersenyum, dan yang hadir terbahak.

"Jangan diketawain dulu, sudah jamak di daerah kita kalau ada orang pingsan apapun penyebabnya dikasih telur ayam.' protes si bapak tidak terima.

" Belum lagi bulan kemarin saya gegeran sama polisi gegara ada kurban kecelakaan, polisi minta buru-buru dinaikkan mobil sementara kondisinya belum stabil, e e sampai atas mobil matek!! " Lanjut si bapak sangat jengkel saat pertanyannya dijadikan bahan tertawaan.

"Baik... Baik... Saya jelaskan dan mari kita praktikan bagaimana pertolongan pertama pada orang pingsan atau pada orang serangan jantung ataupun henti jantung." Kata dr Anna.
 
"Jadi BHD adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung. " Jelas dr Anna.

Tindakannya harus cepat agar jantung dan paru penderita bisa segera berfungsi, dengan merangsang memijat daerah dada dan daerah jantung.

dr Anna jelaskan Bantuan Hidup Dasar sederhana pada masyarakat awam (Dokpri)
dr Anna jelaskan Bantuan Hidup Dasar sederhana pada masyarakat awam (Dokpri)

"Mencari telur ayam butuh waktu, sementara jantung dan paru harus segera dirangsang. Apalagi dalam kondisi tidak sadar semua otot terganggu sehingga telur ayam akan bikin tersumbat nya jalan nafas." Terang dr Anna.

"Jadi jawabannya tidak boleh dan kita wajib kasih tahu orang-orang yang salah dalam penanganan orang pingsan. " Jelasnya lagi.
Demikian sekelumit kehebohan peringatan Hari Jantung Sedunia 2021 kemarin.

Antusias peserta dalam tanya jawab dengan dr Mirza (Dokpri)
Antusias peserta dalam tanya jawab dengan dr Mirza (Dokpri)

Lebih lanjut dr. Mirza Failasufi, Sp.JP-FIHA menjelaskan, penyakit jantung  dan pembuluh darah sampai saat ini masih merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan