Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Peminat sejarah dan penikmat sepak bola. Tulisannya pernah dimuat di Tabloid BOLA, BOLAVaganza, FourFourTwo Indonesia, detikSport, juga Jambi Ekspres, Telusuri.id dan Mojok.co. Sempat pula menelurkan beberapa buku seputar blog-internet. Kini berkecimpung di dunia novel online dan digital self-publishing.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengapa Shin Tae-yong Tak Memanggil Stefano Lilipaly (Lagi)?

2 November 2023   22:55 Diperbarui: 3 November 2023   13:16 612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
FOTO: X (TWITTER)/PSSI

PELATIH Shin Tae-yong baru saja mengumumkan nama-nama pemain tim nasional yang disiapkan untuk melakoni Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menariknya, tak ada nama Stefano Lilipaly dalam daftar tersebut.

Ada 27 nama yang dipanggil STY, seperti diumumkan oleh akun X (dulu Twitter) resmi PSSI, Kamis (2/11/2023) malam WIB. Nama-nama tersebut diproyeksikan melawan Irak dan Filipina pertengahan November ini.

Persib Bandung jadi klub yang menyumbang pemain paling banyak. Ada tiga penggawa Maung Bandung dalam daftar, yakni Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah.

Lalu delapan pemain abroad alias para perantauan di luar negeri juga menghiasi daftar tersebut. Minus Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan yang tengah dibekap cedera.

Kedelapan pemain tersebut adalah kapten tim Asnawi Mangkualam Bahar (Jeongnam Dragons), Saddil Ramdani (Sabah FC), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Ipswich Town), Shandy Walsh (KV Mechelen), Rafael Struick (ADO Den Haag) dan Shayne Pattynama (Viking FK).

STY juga memanggil empat muka lama yang sempat ia pinggirkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Keempatnya adalah Muhammad Riyandi (Persis Solo), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Andi Setyo (Persikabo 1973) dan Adam Alis (Borneo FC).

Nah, pemanggilan Adam Alis ini memicu perdebatan di jagat maya. Pasalnya, performa gelandang tersebut dinilai biasa-biasa saja. Justru jauh lebih moncer penampilan rekan setimnya yang, lagi-lagi, tak dipanggil STY.

Ya, Stefano Lilipaly yang dimaksud. Winger yang bisa sangat membantu membongkar pertahanan Irak maupun Filipina, dua tim yang lebih kuat dari Brunei Darussalam.

Fano tak masuk panggilan ketika timnas Indonesia menghadapi Brunei di Putaran Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia terakhir kali masuk timnas ketika beruji coba melawan Turkmenistan dalam FIFA Matchday, September lalu.

Bukan Berdasarkan Performa di Klub?

Dipanggilnya Adam Alis dan pada saat bersamaan Lilipaly malah ditinggalkan, menimbulkan satu pertanyaan besar. Benarkah STY memanggil pemain berdasarkan penampilan di klub, sebagaimana selama ini diutarakan kepada media?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun