Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Peminat sejarah dan penikmat sepak bola. Tulisannya pernah dimuat di Tabloid BOLA, BOLAVaganza, FourFourTwo Indonesia, detikSport, juga Jambi Ekspres, Telusuri.id dan Mojok.co. Sempat pula menelurkan beberapa buku seputar blog-internet. Kini berkecimpung di dunia novel online dan digital self-publishing.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Membedah Aturan Tiebreakers Cabor Sepak Bola Asian Games 2022

24 September 2023   18:36 Diperbarui: 25 September 2023   16:11 867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Timnas U24 Indonesia Egy Maulana Vikri beraksi pada laga Grup F cabor sepak bola putra Asian Games 2022 vs Kirgistan di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, Selasa (19/9/2023). (NOC Indonesia/Naif Al’As)

ADA kejadian menarik dalam siaran langsung pertandingan Indonesia vs Korea Utara di RCTI, Ahad (24/9/2023) sore WIB. Sempat terjadi kebingungan di antara presenter dan komentator, Indonesia finish di peringkat berapa?

Sebagaimana kita ketahui bersama, partai terakhir Grup F cabor sepak bola Asian Games Hangzhou 2022 telah dimainkan. Indonesia keok dari Korea Utara, sedangkan Kirgistan mengalahkan Taiwan.

Bagaimana klasemen akhir grup ini sebenarnya?

Ini pertanyaan yang ternyata membuat duet presenter dan komentator (sengaja tidak saya sebut namanya) juga kebingungan. Mereka berdua tidak dapat memastikan di peringkat berapa Indonesia finish pada klasemen akhir Grup F.

Bung Komentator sempat mengatakan Indonesia adalah runner-up grup, sebab unggul head-to-head atas Kyrgyzstan yang mengalahkan Taiwan di hari dan jam sama. Urutannya Indonesia dulu, Kirgistan, baru Taiwan sebagai juru kunci.

Namun di pengujung acara Bung Komentator terkesan tidak yakin dengan ucapannya sendiri. Ia lalu mengatakan masih harus menunggu kepastian apakah Indonesia runner-up grup atau peringkat ketiga.

Jadi, sebetulnya bagaimana susunan klasemen akhir Grup F cabor sepak bola Asian Games kali ini? Di peringkat berapa Indonesia berada?

FOTO: Tangkapan layar siaran langsung RCTI
FOTO: Tangkapan layar siaran langsung RCTI

Aturan Tiebreakers

Dalam setiap turnamen, penyelenggara bisa dipastikan sudah menyiapkan aturan untuk menyelesaikan situasi-situasi yang berpotensi membuat bingung seperti ini. Istilahnya tiebreakers.

Demikian halnya Asian Games 2022 edisi tunda di Hangzhou ini. Pihak penyelenggara telah membuat aturan tiebreakers yang dapat dijadikan sebagai acuan penilaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun