Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Usai Ditebas Amerika Serikat, Indonesia Bersua Prancis di Piala Dunia Amputasi 2022

5 Oktober 2022   02:16 Diperbarui: 5 Oktober 2022   02:28 167 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas sepak bola amputasi Indonesia menyanyikan Indonesia Raya di Piala Dunia Amputasi 2022. FOTO: Antara/Dharma Wijayanto via VOI

TIMNAS Indonesia babak belur di Amputee Football World Cup tahun ini. Alih-alih merebut kemenangan pertama di laga pamungkas fase grup, Senin (3/10/2022) lalu, Aditya, dkk. justru menelan kekalahan besar dari Amerika Serikat.

Sejatinya Indonesia masih punya peluang melaju ke fase gugur sebelum menantang AS. Ada 4 slot bagi peringkat 3 terbaik yang akan menemani juara dan runner-up grup. Namun syarat untuk itu teramat berat bagi Indonesia.

Bukan hanya harus menang dengan selisih bersih minimal 3 gol atas Amerika Serikat, Indonesia juga musti berharap Inggris dan Argentina saling mengalahkan, plus beberapa kontestan di grup lain menderita kekalahan pula.

Apa daya, justru Indonesia yang kemudian menderita kekalahan. Setelah sebelumnya dihajar Argentina dan Inggris dengan skor identik, yakni 0-3, pada pertandingan ketiga di lapangan TFF Riva Facility, Istanbul, Tim Garuda INAF musti kebobolan lebih banyak: 5 gol tanpa balas.

Pertandingan belum genap semenit, tepatnya berjalan 54 detik, gawang Indonesia yang dijaga J. Abdillah sudah jebol. Adalah Nicolai Calabria yang jadi pencetak gol cepat itu melalui satu tendangan bebas dekat pertengahan lapangan.

Calabria rupanya jadi momok bagi Indonesia hari itu. Pada menit ke-15, kembali tendangan keras pemain bernomor punggung 10 tersebut mengecoh Abdillah. Kali ini akibat membentur badan Aditya, sehingga bola berbelok arah.

Memasuki injury time, Calabria menggandakan keunggulan lewat satu sontekan memanfaatkan momen sepak pojok. Lagi-lagi dia "mengerjai" Aditya yang mengawalnya, dengan tahu-tahu lepas dari kawalan dan mengejar bola.

Babak pertama berakhir dengan Indonesia tertinggal 0-3.

Di babak kedua, lagi-lagi gawang Indonesia jebol oleh satu cepat. Tepatnya pada detik ke-55 di interval kedua, di mana sundulan Carlos Ayala tak mampu diantisipasi Abdillah.

Ada peran Calabria dalam terciptanya gol ini. Umpan lambung sang kapten yang disundul masuk oleh Ayala, sehingga mengubah skor menjadi 4-0 bagi keunggulan Amerika Serikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan