Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

San Marino, Si Mungil yang Tak Pernah Mencetak Gol di UEFA Nations League

26 September 2022   17:00 Diperbarui: 27 September 2022   12:53 735 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Starting eleven San Marino saat menghadapi Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 November 2021. FOTO: Jonathan Moscrop/Getty Images 

FASE grup UEFA Nations League 2022/23 mendekati garis akhir. Dari 140 pertandingan yang sudah berlangsung per 26 September ini, total 361 gol tercipta. Namun tak satupun dari ratusan gol tersebut dicetak oleh pemain San Marino.

Ya, dari seluruh 55 kontestan, hanya San Marino satu-satunya yang belum mencetak gol barang sebiji pun. Dari 3 laga yang sudah La Serenissima lakoni sejauh ini, seluruhnya berakhir dengan kekalahan tanpa gol balasan.

Mula-mula kalah 0-2 di kandang Estonia pada 2 Juni 2022. Lalu disusul kekalahan dengan skor serupa saat menjamu Malta tiga hari berselang. Ketika ganti bertandang ke Malta sepekan berikutnya,  lagi-lagi tim asuhan Fabrizio Costantini keok 0-1.

Kesempatan untuk mengubah catatan buruk ini terbuka Senin (26/9/2022) malam waktu setempat atau Selasa (27/9/2022) dini hari WIB nanti. San Marino bakal menantang Estonia di Serravalle, sekaligus menjadi partai pamungkas di Grup 2 League D.

Selain demi membalas kekalahan pada pertemuan pertama, San Marino tentu tidak ingin berakhir sebagai tim terburuk di kompetisi. Siapa yang mau partisipasinya dicatat dengan torehan 0 poin sekaligus 0 gol? Cukup kemenangan saja yang angkanya 0.

Namun jangan heran jika San Marino kembali gagal menghasilkan gol, mengingat betapa payahnya tim Eropa satu ini. Jika itu benar terjadi, La Serenissima punya rekor baru: tidak pernah mencetak gol di UEFA Nations League selama 3 musim berturut-turut.

UPDATE 27/9/2022 pukul 12:38 WIB:

San Marino benar-benar tidak mencetak gol melawan Estonia di partai terakhir Grup 2 League D, kalah telak dengan skor 0-4. Dus, mengukuhkan rekor sebagai satu-satunya tim mandul di UEFA Nations League.

Langganan Kalah

Pada kenyataannya, rekor mandul memang sangat lekat dengan San Marino. Akibat turunannya, negara berperingkat 211 dalam ranking FIFA (sumber) ini juga akrab dengan kekalahan.

Oya, di laman resmi FIFA yang saya jadikan rujukan, peringkat 211 itu adalah yang terbawah. Sungguh cerminan nyata dari seringnya San Marino memperoleh hasil buruk dalam laga internasional yang mereka jalani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan