Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Nasib Tim-Tim AFF di Kualifikasi Piala Asia U20 2023

19 September 2022   02:00 Diperbarui: 19 September 2022   10:45 2652 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Timnas Indonesia foto bersama penonton seusai pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam. (Foto: KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)

KUALIFIKASI Piala Asia U20 2023 usai sudah. Setidaknya bagi tim-tim anggota ASEAN Football Federation (AFF). Dari selusin tim U19 asal Asia Tenggara yang berpartisipasi, sementara ini hanya 2 yang sudah pasti lolos ke putaran final.

Tim-tim U19 perwakilan AFF tersebar di 8 grup berbeda, dengan 7 di antaranya harus saling sikut antartetangga. Misalnya Thailand dan Filipina di Grup G, demikian pula Singapura dan Kamboja di Grup I.

Di Grup F malah ada tiga negara anggota AFF sekaligus. Ketiganya adalah Indonesia, Timor Leste dan Vietnam. Tambahan satu kontestan lagi adalah Hong Kong dari zona Asia Timur (EAFF).

Sementara itu, Indonesia dan Laos terpilih sebagai tuan rumah bagi pertandingan di grup masing-masing. Namun akhir nasib keduanya berbeda jauh.

Laos gagal memanfaatkan modal penting tersebut. Sementara Indonesia memaksimalkan betul status tuan rumah, terutama saat menghadapi Vietnam di partai pamungkas Grup F, Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Di bawah dukungan puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Indonesia menekuk Vietnam dengan skor tipis 3-2. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong menjadi tim Asia Tenggara pertama yang memastikan lolos ke Uzbekistan tahun depan. Yang kedua Vietnam sebagai salah satu dari 5 runner-up grup terbaik.

Sebaliknya, Laos justru terpuruk di hadapan pendukung sendiri. Padahal anak-anak asuhan pelatih Michael Weiss sempat mengawali turnamen dengan hasil baik. Mereka menang 3-0 atas Guam di partai pertama, 10 September 2022.

Sayang, setelah itu tiga kekalahan beruntun diderita Chanthavixay Khounthoumphone, cs. Diawali Jepang yang memberondong gawang Chantavisay Thiep Anong 4 gol tanpa balas. Lalu diikuti kekalahan tipis 1-2 dari Yaman dan 0-1 dari Palestina.

Hanya mengantongi 3 poin, itupun dihasilkan saat menghadapi tim terlemah di Grup C, Laos finish di peringkat 4 klaseman akhir. Jika laga melawan Guam tidak dihitung, maka Laos adalah tim juru kunci grup.

Myanmar-Malaysia Merana

Raihan serupa tapi tak sama dicatatkan Myanmar yang tergabung di Grup A. Bersama mereka ada tuan rumah grup Arab Saudi, Tiongkok, dan Maladewa. Turut begabung pula Uzbekistan yang hasil-hasil pertandingannya tidak masuk perhitungan klasemen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan