Mohon tunggu...
Bungan Tcania Paulina Grace
Bungan Tcania Paulina Grace Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Statistika UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Awareness Mengenai Penyakit Tidak Menular, KKN UNDIP Mendata Kesehatan Warga dan Pembuatan Infografis di Kelurahan Pakintelan

12 Agustus 2022   04:41 Diperbarui: 12 Agustus 2022   04:58 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pakintelan, Gunungpati (10/8/2022) --- Pada tanggal 22 Juli 2022 lalu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang mengadakan pendataan kesehatan anggota PKK Kelurahan Pakintelan di Balai Kelurahan. Pendataan kesehatan ini meliputi skrining penyakit tidak menular (PTM) yaitu Diabetes Melitus dan Hipertensi.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK Kelurahan Pakintelan sebanyak 16 orang yang menjadi sampel. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini berawal dari kurangnya awareness masyarakat setempat, khususnya ibu-ibu di pra-lansia dan lansia mengenai bahayanya Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Diabetes Melitus dan Hipertensi. Hal ini dapat dilihat ketika pelaksanaan program, cukup banyak ibu-ibu yang kurang memperhatikan kesehatannya dengan rajin melakukan pemeriksaan di pusat kesehatan terdekat dan cukup banyak juga ibu-ibu yang kurang memperhatikan pola makan dan pola hidup yang sehat. Karenanya, dalam pendataan ini diperoleh hasil bahwa 37,5% ibu-ibu beresiko hipertensi dan 22% beresiko diabetes melitus.  Tentunya angka ini cukup tinggi dan perlu peningkatan kesadaran masyarakat mengingat Diabetes Melitus dan Hipertensi merupakan salah satu 5 penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia menurut survei Sample Registration System (SRS).

dokpri
dokpri

Pembuatan infografis dengan harapan meningkatnya awareness merupakan salah satu upaya mahasiswa KKN UNDIP. Infografis ini meliputi definisi diabetes melitus dan hipertensi serta indikator penentuan kategorinya, hasil skrining tiap individu, diagram batang, serta tabel-tabel frekuensi hasil skrining dan pengklasifikasiannya. Kemudian hasil infografis ini dibagikan ke grup Whatsapp anggota PKK Kelurahan Pakintelan. Harapannya, infografis dan pelaksanaan skrining ini meningkatkan awareness akan bahaya dari Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Diabetes Melitus dan Hipertensi sehingga pola hidup sehat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan resiko penyakit dapat dihindari.

Penulis: Bungan Tcania Paulina Grace

NIM: 24050119110032

Fakultas/Jurusan: Fakultas Sains dan Matematika/Statistika

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, M.T..

Lokasi : Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan