Mohon tunggu...
ENI  Rahayu
ENI Rahayu Mohon Tunggu... Blogger, content writer

Teacher, Blogger, Mompreneur, Writer bundadzakiyyah.com | bundaeni.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan Saat Pandemi, Belajar dari Tahun Lalu

14 April 2021   10:38 Diperbarui: 14 April 2021   10:46 403 11 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Saat Pandemi, Belajar dari Tahun Lalu
Dok. Pribadi

Covid 19 belum beranjak dari muka bumi, artinya saat ini kita menjalani Ramadan saat pandemi. Masih seperti tahun lalu meski ada beberapa perbedaan. Seperti sholat tarawih yang sudah dilaksanakan di beberapa tempat. Tapi ya gitu deh, ada yang tertib menerapkan protokol dan ada juga yang abai.

Padahal sudah ada Edaran Menteri Agama RI No 04 Tahun 2021 loh tentang aturan ibadah Ramadan saat pandemi. Yaa, mungkin juga banyak orang yang tidak membaca sudat edaran tersebut. Atau mungkin juga tidak mau tahu?

Entahlah ...

Daripada menduga-duga, apalagi kan ini bulan puasa lebih baik kalau positif thinking. Anggap aja mereka belum baca surat edaran menteri agama tersebut, hehehe.

Aturan Singkat Ibadah Ramadan saat Pandemi

Secara singkat aturan menjalankan ibadah Ramadan saat pandemic adalah sebagai berikut.

  • Boleh mengadakan buka bersama tetapi jumlah kehadirannya harus dibatasi yaitu 50% dari kapasitas ruangan.
  • Boleh melakukan sholat tarawih jika berada di luar zona resiko tinggi dan resiko sedang. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu membawa mukena sendiri, memakai masker, menjaga jarak minimal 2 meter, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer, dan pengukuran suhu tubuh
  • Boleh melakukan peringatan Nuzulul Quran jika berada di zona resiko rendah dan menerapkan protokol kesehatan. Jumlah peserta pun dibatasi hanya 50% dari kapasitas ruangan.

Gimana? Agak ribet juga ya?

Namun, demi keamanan dan keselamatan bersama lebih baik untuk menerapkan protokol kesehatan. Meskipun tidak sedikit orang-orang yang abai karena tidak percaya atau mungkin sudah bosan ya.

Ramadan saat Pandemi, Belajar dari Tahun Lalu

Sebenarnya agak sedih ya karena tahun ini masih menjalani Ramadan dengan suasana pandemi. Tapi ya tetap saja harus disyukuri karena diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci kembali. Berarti Allah SWT mengijabah doa saya. Alhamdulillah ...

Tahun lalu saya lebih banyak di rumah saat Ramadan. Sama sekali tidak menghadiri buka puasa bersama di luar bersama  teman-teman. Juga ke rumah ibu hanya sekali atau dua kali saja karena terhalang jarak (sekitar 1 jam perjalanan).

Nah, belajar dari Ramadan saat pandemi tahun lalu, kali ini saya ingin lebih produktif. Oleh karenanya saya juga telah menyiapkan diri jauh hari sebelum Ramadan loh. Apa saja kah itu?

Meningkatkan Kualitas Ibadah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x