Mohon tunggu...
Gladiyo
Gladiyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP UAJY 2019

Pencinta Musik Etnik

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Mengenal Karakteristik Jurnalisme Online

19 September 2021   17:55 Diperbarui: 19 September 2021   17:59 111 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Karakteristik Jurnalisme Online
Sumber: www.dprd-diy.go.id

Jurnalisme online memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi secara cepat.

Setiap hari kita dapat menikmati dan mengetahui berita dari media-media yang ada baik itu media cetak maupun media digital. Berita-berita yang disampaikan oleh media-media tersebut merupakan himpunan informasi yang didapatkan oeleh seorang jurnalis. Kegiatan menghimpun berita, peliputan, mencari fakta dari sebuah informasi, dan melaporkan sebuah peristiwa adalah kegiatan jurnalisme.(Jurnalistik Online)

Seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik disebut jurnalis. Seorang jurnalis harus memiliki sikap skeptis dalam melihat sebuah peristiwa. Sikap ini dibutuhkan agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan jurnalisme semakin berkembang dan menghadirkan media-media baru di dunia bahkan Indonesia. Perkembangan teknologi dan informasi membuat orang-orang semakin cepat mengakses sebuah informasi dan berita. Internet menjadi bagian penting dari perkembangan teknologi dan informasi yang ada di Indonesia bahkan dunia.

Internet membuat kehidupan manusia semakin terkoneksi antara satu dengan lainnya. Salah satu istilah dalam dunia internet adalah online. Online sendiri adalah istilah internet yang memiliki arti sebuah informasi dapat diakses kapan dan dimana saja dengan catatan terhubung dengan internet (konektivitas).

Perkembangan informasi dan teknologi ini membuat dunia jurnalistik semakin berubah. Liputan atau berita-berita yang dahulu hanya dapat diakses dengan berlangganan surat kabar atau menonton televisi saja, sekarang sudah dapat diakses dengan "jari" melalui smartphone. Surat kabar yang berlembar-lembar tersebut dapat dibaca dengan sebuah benda elektronik yang dapat digenggam oleh tangan.

Jurnalistik Online

Jurnalistik online merupakan sebuah generasi baru dalam dunia jurnalisme setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik media cetak). Jurnalistik online merupakan sebuah proses penyampaian informasi melalui media internet (Romli, A. S. M. 2018). Karena jurnalistik online merupakan generasi baru, maka jurnalistik online masuk dalam new media.

Salah satu karakteristik new media adalah informasi yang disediakan bisa diakses dimana dan kapan saja oleh semua orang dengan catatan terhubung dengan koneksi internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan