Mohon tunggu...
Bugy Johani
Bugy Johani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD

Editor video | Mahasiswa Ilkom UAD

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Potensi Media Instagram di Mata Masyarakat sebagai Promosi

23 April 2021   00:00 Diperbarui: 23 April 2021   01:00 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Asalamualaikum warohmatullahi wabarokatu, Halo kembali lagi bersama saya Bugy johani saya merupakan salah satu mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dengan program study ilmu komunikasi. 

Di sini saya akan menulis tentang potensi sosial media yang saya gunakan serta saya akan menjelaskan Apa saja kekurangan yang masih harus diperbaiki, agar iklim media sosial di Indonesia menjadi lebih sehat dan saya akan memberikan dukungan data dari lembaga yang relevan dalam argumen saya sendiri.

Disini saya menggunakan beberapa sosial media diantara nya yaitu :

  • Instagram saya mengenal instagram sejak awal 2014 platfrom sosial ini muncul pada tahun 2010 namun booming booming nya itu ketika tahun 2013 karena pada tahun 2011 sampai dengan 2012 platfrom twitter sedang booming booming nya. Sebelum lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal instagram terlebih dahulu.
  •  Instagram adalah jejaring sosial yang lahir dari sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc. yang berdiri pada 6 Oktober 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang saat ini menjadi CEO dari Instagram. Kedua CEO tersebut memutuskan untuk lebih memfokuskan Burbn pada aplikasi yang memungkinkan penggunanya unruk berbagi foto dan video, berkomentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto.aplikasi inilah yang merupakan cikal bakal dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguan IPhone.
  • Pada 9 April 2012, Facebook resmi mengambil alih Instagram senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Logo dari Instagram sendiri berupa kamera polaroid yang menggambarkan sebuah aplikasi berbagi foto dan video instan. Potensi dari sebuah instagram untuk masyarakat di Indonesia sendiri menurut saya sangat penting Karena instagram merupakan sebuah media promosi entah itu promosi makanan -- pakaian dan segala kebutuhan lainya. Kebanyakan masyarkat Indonesia menggunakan instgram untuk sebuah promosi contoh nya yaitu promosi pariwisata melalui media sosial bisa dikatakan sebagai cara yang tergolong baru dan berdampak besar juga dalam mendorong mobilitas wisatawan Dengan menggunakan media sosial wisatawan atau konsumen dapat membagikan pengalaman mereka serta bisa juga digunakan sebagai sumber dalam pencarian informasi mengenai destinasi wisata Media sosial penggunaannya dirasa mudah, hemat biaya dan efektif dalam pemasaran pariwisata bagi suatu daerah, maka hal tersebut yang membuat media sosial semakin diminati untuk sarana komunikasi dan promosi, Selain itu penggunaan media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mengekspresikan pengalaman melalui foto maupun video bisa dalam bentuk komentar sebagai bentuk interaksi tidak hanya dengan keluarga tetapi juga bisa dengan orang lain.
  • Instagram juga mempunyai potensi besar untuk masyarakat di Indonesia, namun instgram sendiri masih mempunyai kesan yang kurang baik di media komunikasi yang berada di Indonesia disini saya akan menjelaskan kelebihan dan  kekurangan dari platform instagram
  • Kelebihan dari instagram sendiri yaitu:
  • Bersifat privasi. Jika kita ingin orang lain tidak bisa   melihat apa isi instagram kita, maka kita bisa mengunci instagram tersebut.

Instagram memiliki beragam fitur untuk mengedit foto kita.

Instagram banyak digunakan dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Kita bisa melihat foto orang-orang maupun artis dengan mudah.

Mungkin itu yang saya ketahui tentang kelebihan dari sebuah instagram dimana ada kelebihan pasti ada yang namanya sebuah kekurangan, dibawah ini saya akan menjelaskan apa saja kekurangan sebuah instagram yang saya ketahui

           Kekurangan dari instagram yaitu :

  • Instagram hanya mempunyai 2 kontes saja yaitu foto dan video.

Foto yang di share berukuran kecil, sehingga foto terlihat kurang jelas.

Instagram tidak menampilkan cover picture, hanya menampilkan profile picture.

  • Persaingan yang sangat ketat, karena banyak yang menggunakan intagram ini

Di era globalisasi ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun